Main Menu

Jokowi Imbau Masyarakat Indonesia Waspadai Revolusi 'Industri Baru'

Januar
05-09-2016 21:48

Presiden Joko Widodo (AFP Photo/Mark Schiefelbein /yus4)

Artikel Terkait

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo mengingatkan masyarakat Indonesia untuk mewaspadai adanya "revolusi industri baru" yang saat ini sudah digaungkan oleh beberapa negara. "Ini mulai digaungkan oleh negara-negara besar," kata Presiden usai menghadiri KTT G20 di Hangzhou, Cina, Senin (5/9). 

Ia mengatakan Indonesia harus melihat peluang itu dan harus ambil peran. "Jangan sampai kita ditinggal," kata Presiden. Yang kedua, Jokowi juga mengingatkan untuk mengejar ekonomi digital yang saat ini sudah diterapkan di banyak negara. 

Jokowi mencontohkan negara Cina yang memiliki perusahaan e-commerce Alibaba Grup dan Huawei yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi. "Kita secepatnya harus mengikuti, seperti Alibaba dan Huawei. Sebetulnya Indonesia sudah memiliki market place lokal yang dapat dipakai menjadi pondasi ke ekonomi digital dunia," kata Jokowi dalam keterangan pers yang diterima GATRAnews.

Ia juga berharap hasil dari KTT G20 ini bisa diterapkan agar tidak tertinggal jauh dengan negara maju lainnya. Jokowi juga menegaskan mendukung upaya-upaya perbaikan ekonomi dan kerja sama antarnegara untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dunia.  


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur Hidayat

Januar
05-09-2016 21:48