Main Menu

Menteri Susi: 20 tahun lebih asing curi ikan indonesia

Hendry Roris P. Sianturi
08-10-2016 19:29

Susi Pudjiastuti (GATRAnews/Adi Wijaya/re1)

Yogyakarta, GATRAnews – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyayangkan menteri KKP sebelum-sebelumnya telah menbolehkan agar asing bisa masuk ke perairan Indonesia.

 

“Sangat disayangkan ada beberapa yang malah mendukung asing. Jadi dulu sebelum saya menjadi menteri, sepertinya memang sudah disetting asing bisa masuk ke perairan Indonesia," katanya seperti dalam siaran pers yang diterima Gatranews, Sabtu (8/10).

 

Oleh karena itu Susi sangat mengapresiasi adanya Undang-undang Perikanan, yang mengatakan bahwa kapal asing yang masuk ke perairan Indonesia tanpa izin, akan ditenggelamkan.

 

"20 tahun lebih kapal asing beroperasi mengambil ikan kita. Jadi saya ambil ownership, ini menjadi konsesus nasional, semua kapal yang ditangkap, hanya satu konsekuensinya yakni ditenggelamkan," ujar Susi.

 

Anehnya, meskipun banyak kapal asing yang diledakkan, tetap saja ada pihak-pihak yang ingin kapal asing masuk kembali ke perairan Indonesia. "Itu kedaulatan mereka dimana? Harga kedaulatan terlalu murah untuk dibeli," pungkasnya.

 

Di sisi lain, KKP juga akan memperkuat pengawasan untuk mencegah penyelundupan yang terjadi di laut. Dari beberapa kasus yang terjadi, penyelundupan ternyata salah satu indikator yang dapat melemahkan pertumbuhan sektor kelautan dan perikanan.

 

"Untuk pengawasan penyelundupan, nanti kami mungkin memasukkan unsur Bea Cukai dan Satgas di dalamnya", paparnya.


Reporter: Hendry Roris

Editor: Dani Hamdani 

Hendry Roris P. Sianturi
08-10-2016 19:29