Main Menu

BASF : Inovasi Berbasis Kimia akan Memainkan Peranan Penting

Umaya Khusniah
13-10-2016 14:19

Pabrik BASF (Dok.basf.com/AR7)

Jakarta, GATRAnews –  Dalam rangka ulang tahun perusahaan kimia yang ke 40, BASF mengadakan showcase pada solusi yang inovatif dan berkelanjutan untuk industri yang berbeda,  bertempat di Fairmont Hotel Jakarta, Selasa (11/10).

 

 

Acara yang bertajuk “We Create Chemistry” ini dihadiri langsung oleh petinggi BASF seperti Presiden Direktur BASF Indonesia CP Chan, Director Finance and Corporate Functions BASF Indonesia Prawira Atmadja, dan Head of Performance Materials BASF Indonesia Ly Iskandar.

 

Menurut CP Chan, inovasi didasarkan pada produk kimia yang digunakan memiliki peran kunci dalam memenuhi kebutuhan penduduk dunia. "Pertumbuhan kebutuhan tentunya tumbuh dengan melestarikan sumber daya, memastikan makanan sehat, gizi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat," katanya.

 

Dalam acara tersebut, hadir pula para pelanggan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan utama. Sebagai catatan, hingga hari ini, BASF telah memiliki empat pabrik di dalam negeri dan memberikan peluang karir bagi lebih dari 700 orang karyawannya.

 

BASF juga telah berkontribusi terhadap lokal industri melalui solusi dan produk-produk kimia. “Inovasi berbasis kimia akan memainkan peranan penting di ketiga area seperti sumber daya, lingkungan dan iklim, pangan dan nutrisi serta kualitas hidup,” kata Chan.

 

Menurutnya, chemistry tidak hanya tentang bahan kimia tetapi juga berhubungan dengan kolaborasi dan ko-kreasi. Hubungan antara masyarakat dan apa yang dapat dilakukan bersama untuk berkontribusi terhadap masa depan yang berkelanjutan.

 

Dengan permintaan dari populasi dunia yang semakin meningkat, sumber daya yang ada di planet juga bersifat terbatas. Di satu sisi, pertumbuhan populasi diasosiaskan dengan tantangan global namun BASF juga melihat banyak peluang, terutama di industri kimia.

 

Di setiap industri, bagi Chan, kimia berperan sebagai pendorong inovasi dan keberlanjutan. “BASF ingin berkontribusi terhadap masa dengan yang berkelanjutan, yang selalu ditekankan di dalam strategi dan organisasi perusahaan," ucapnya.

 

Bagi Chan, masalah keberlanjutan ini dapat menjaga keseimbangan ekonomi dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Apalagi, BASF merupakan perusahaan kimia yang memulai investasinya di Indonesia sejak tahun 1976.

 

Kini, rangkaian produk dan solusi BASF untuk pelanggan di Indonesia meliputi petrokimia, monomer, intermediet, dispersi dan resin, care chemicals, nutrisi dan kesehatan, kimia kinerja, katalis, kimia konstruksi, pelapis, dan performance materials serta perlindungan tanaman.

 

Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta dengan fasilitas produksi berlokasi di Cengkareng, Cimanggis, Cikarang, dan Merak ini, mencatat penjualan sebesar 446 juta Euro pada tahun 2015 dengan sekitar 739 karyawan pada akhir tahun tersebut.


  

Reporter : Umaya Khusniah

Editor : Gandhi Achmad

Umaya Khusniah
13-10-2016 14:19