Main Menu

PLN Jamin Pasokan Listrik Industri Jateng

didi
18-10-2016 18:07

Ilustrasi (GATRAnews/Abdurachman/AR7)

Jakarta, GATRAnews - PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta turut memacu pertumbuhan ekonomi dengan menjalin sinergi bersama Pemerintah Daerah setempat. Sebesar 8.000 MW dari program 35.000 MW ini dibangun di Jawa Tengah. Kini masuk tahap konstruksi. Akan dibangun pula jaringan transmisi 500 kV sistem utara Jawa mulai dari Tanjung Jati B di Jepara sampai Bekasi sepanjang 600 km.  

"Demi memenuhi kebutuhan kelistrikan Jawa-Bali, khususnya di Jawa Tengah,” ujar Nasri Sebayang, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN, dalam siaran pers, di Jakarta, Selasa (18/10).

Saat ini, menurut Nasri, rasio elektrifikasi wilayah Jawa Tengah dan DIY mencapai 91,96% dengan rincian rasio elektrifikasi DIY 87,51% dan Jawa Tengah yang telah mencapai 92,5 %.

Ia menegaskan, PLN DJTY terus berupaya agar rasio elektrifikasi bisa mencapai 100% pada 2019. Oleh sebab itu, PLN berharap program 35.000 M dapat didukung oleh seluruh pihak agar memacu produktivitas sehingga mampu berkontribusi terhadap perekonomian.

“Mengingat besarnya kapasitas yang dibangun di Jawa Tengah, maka kami mohon pada Gubernur dan Wakil Gubernur untuk tetap dapat membina kami untuk kelancaran pembangunan guna peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PLN DJTY melakukan salah satu upaya berupa Penandatanganan Amandemen Perjanjian Penyalaan Pelanggan Tegangan Tinggi dan Pelanggan dengan Layanan Premium.

Perjanjian ini dilakukan antara PLN dengan empat pelanggan potensial, yaitu PT Asia Pasific Fibers di Kendal – Layanan Premium Bronze (76 MVA), PT Sinar Tambang Arthalestari di Ajibarang – Layanan Premium Gold (50 MVA), PT Rayon Utama Makmur di Sukoharjo – Layanan Premium Platinum (30 MVA) dan PT Semen Indonesia di Rembang (45 MVA) dengan penyalaan secara bertahap.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan launching unit pelaksana baru dari PLN DJTY, yaitu PLN Area Demak. Selama ini, PLN Demak merupakan sub unit pelaksana atau rayon yang berada di bawah PLN Area Semarang. Dari 2011- 2015, Rayon Demak mengalami pertumbuhan pelanggan mencapai 49,88% dengan penjualan mencapai 43,25%.

“Terhitung mulai hari ini, secara operasional, PLN Rayon Demak ditingkatkan status organisasinya menjadi PLN Area Demak yang meliputi empat rayon, yaitu Rayon Demak Kota, Rayon Purwodadi, Rayon Tegowanu dan Rayon Wirosari,” ujar General Manager PLN DJTY Dwi Kusnanto.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
18-10-2016 18:07