Main Menu

Luhut: Pengembangan Blok Masela Dimulai Pertengahan 2019

Dani Hamdani
18-10-2016 20:28

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (ANTARA/Sigid Kurniawan/HR02)

Jakarta, GATRANews - Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berharap pengembangan Blok Masela, Laut Arafura, Maluku, bisa beroperasi empat tahun lebih cepat dari yang direncanakan. Pemerintah serius mengkaji proyek raksasa di laut lepas itu oleh sebuah tim yang dipimpin Wakil Menteri Arcandra Tahar.

 

"Saya berharap 2019 kuartal kedua kita sudah mulai kerjakan itu (Masela). Itu berarti mempercepat empat tahun dari apa yang direncakan sebelumnya," kata Luhut dalam bincang bersama wartawan di Gedung BPPT Jakarta, Selasa (18/10/16).


Luhut menuturkan, saat ini kajian pembangunan salah satu blok gas terbesar di Indonesia itu masih terus dilakukan oleh tim dari Kementerian ESDM.
 
Tim yang langsung dipimpin oleh Wakil Menteri Arcandra Tahar itu terdiri dari ahli migas berusia muda.

"Masela sudah sangat maju karena dikerjakan tim dari Pak Arcandra Tahar. Doktor-doktor muda. Sudah sangat maju sekali. Sekarang mereka bikin semua paralel untuk pelaksanaan (pengembangannya)," katanya tanpa mengungkapkan detail progres kajian blok tersebut. 
 
Menurut dia, tim tersebut memiliki kompetensi sehingga bisa menantang kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) Blok Masela, yakni Shell dan Inpex.

Editor: Dani Hamdani  

Dani Hamdani
18-10-2016 20:28