Main Menu

Kemenhub Klaim Sukses Tangani Peak Season Natal dan Tahun Baru

Cavin Rubenstein M.
05-01-2017 18:48

Jakarta, GATRAnews -- Masa libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 kemarin menjadi tantangan yang bisa dilewati dengan sukses oleh Kementerian Perhubungan, khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud).

 

Pada periode peak season tersebut, Dirjen Hubud merasa bisa lancar memproses permohonan 977 persetujuan terbang (Flight Approval) yang diajukan oleh maskapai penerbangan domestik. Yaitu  dari  maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, NAM Air, Batik Air, Lion Air, Wings Air, Air Asia Extra, Kalstar dan Susi Air. 

 

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Suprasetyo, keberhasilan itu tak lepas dari penerapan perizinan online yang mereka berlakukan sejak tahun lalu. “Dengan sistem online ini, proses pengajuan flight approval dari maskapai hingga persetujuan Ditjen Perhubungan Udara  menjadi lebih cepat dan transparan," kata Suprasetyo dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi GATRAnews. 

 

Selain meningkatkan kecepatan, lanjut Suprasetyo, penerapan sistem online ini juga bisa membantu persiapan maskapai untuk melayani penumpang dengan baik, serta meningkatkan keselamatan dan keamanan penerbangan. 

 

Sistem online yang sudah diterapkan Dirjen Hubud Kemenhub saat ini meliputi Flight Approval (FA), izin rute, Surat Izin Usaha Angkutan Udara (SIUAU), Surat Izin Kegiatan Angkutan Udara (SIKAU), General Sales Agent (GSA), dan sebagainya. 

 

Menurut Suprasetyo, dipergunakannya sistem ini adalah sebagai bentuk komitmen lembaganya dalam meningkatkan keterbukaan dan transparansi khususnya di bidang perizinan melalui pemanfataan Information Technology (IT). Untuk program jangka panjang, Kemenhub akan membangun sistem berbasis IT di bidang penerbangan yang disebut dengan Sistem Manajemen Penerbangan Indonesia atau Indonesia Airspace Management System (IAMS). 


 

 

Editor : Cavin R. Manuputty

 

Cavin Rubenstein M.
05-01-2017 18:48