Main Menu

Jokowi Resmikan Pembangunan Rusunami untuk Buruh Seharga Rp 293 Juta

Ervan
27-04-2017 11:36

Presiden Jokowi meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) rumah susun sederhana hak milik (Rusunami) untuk buruh atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/4). (Dok Biro Pers Setpres/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Jokowi meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) rumah susun sederhana hak milik (Rusunami) untuk buruh atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/4). Rusunami tersebut akan dijual seharga Rp 293 juta dengan DP 1%.

 

"Di sini nanti harganya Rp 293 juta, DP 1%, jadi berapa itu? Rp 2,9 juta. Mampu ndak?" ujar Jokowi dalam sambutannya di lokasi groundbreaking, Jalan Bukit Sarua, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (27/4).

 

Para buruh yang hadir mengakubmampu membeli dengan harga tersebut. Jokowi pun berjanji akan terus mendorong pembangunan rusunami serupa di tempat lain.

 

"Kalau mampu, saya akan dorong terus, agar BUMN, baik BPJS Ketenagakerjaan atau PP, untuk bangun ini. Lalu per bulan nyicilnya berapa? Rp 1,2 juta. Mampu ndak?" lanjut Jokowi disusul tepuk tangan dari para buruh.

 

"Kalau tepuk tangan pasti mampu," ungkap Jokowi.

 

Presiden telah melihat contoh unit dari rusunami tersebut, menurutnya, rusunami ini sangat layak huni bagi buruh dan MBR.

 

"Tadi saya lihat contohnya yang ada di sana. Contohnya yang tipe 30, sangat bagus sekali. Dua kamar, kemudian ada ruang makan, ruang tamu. Sangat bagus sekali. Kalau seperti contoh yang tadi saya juga mau. Ya nanti kita lihat bersama-sana. Memang bagus sekali kok," ucapnya.

 

Di kawasan tersebut akan dibangun 9.000 unit rusunami. Sebanyak 6.000 di antaranya diperuntukkan bagi buruh dan MBR. Acara dihadiri oleh Menaker Hanif Dhakiri, Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea, Ketua Umum KSPSI Yorrys Raweyai dan sejumlah perwakilan buruh. 


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani  

 

Ervan
27-04-2017 11:36