Main Menu

Kalbe Farma Anggarkan Belanja Modal Rp 1,2 Trilyun

didi
05-06-2017 21:10

Ilustrasi (Antaranews/Audy Alwi/yus4)

Jakarta, GATRAnews - PT Kalbe Farma Tbk menganggarkan dana sebesar Rp 1,2 trilyun untuk belanja modal (capital expenditure/capex) di tahun ini. Presiden Direktur Kalbe Farma, Vidjongtius menuturkan, hingga Maret 2017, Kalbe Farma baru menggunakan dana capex sebesar Rp 200 milyar.

"Sampai Juni nanti kira-kira double lah. Bisa Rp 409 milyar. Atau mungkin juga sampe Rp 500 milyar," tuturnya, di Jakarta, Senin (5/6).   Ia mengungkapkan jika dana tersebut atau 80% akan digunakan perseroan untuk pembangunan tiga pabrik perseroan yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat dan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

"Capex Rp 1,2 trilyun tahun ini, untuk tiga pabrik dan distribusi. Kita ada pabrik di Cikarang dua dan Pulo Gadung. Selain itu untuk maintanance mesin di pabrik yang ada dan untuk menambah cabang distribusi," ungkapnya.

Menurutnya, dalam bisnis distribusi, Kalbe Farma berencana untuk memasuki pasar Indonesia bagian timur. Dimana, perseroan sedang mengkaji untuk membangun cabang distribusi di Sorong, Papua Barat dan Halmahera, Maluku Utara.

"Distribusi itu kami bikin gudang atau cabang. Cabang distribusi ada 72 totalnya, yang tersebar di 52 kota. Sekarang kami mau masuk daerah timur lah, sorong katanya bagus, Halmahera juga. Pokoknya Tinur Indonesia. Tahun lalu kami masuk ke Ambon," tuturnya.

Sementara itu, ia menyebutkan jika dana capex di tahun ini sebesar 70% atau Rp 840 milyar akan berasal dari dana kas internal perseroan. Sisanya Rp 360 milyar akan diperoleh dari pinjaman perbankan. "Dananya dari internal kas dan pinjaman perbankan," ujarnya.


Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Nur Hidayat

didi
05-06-2017 21:10