Main Menu

IDByte 2017 dan Kepedulian terhadap Startup Digital di Indonesia

Annisa Setya Hutami
24-08-2017 14:31

Jakarta, Gatranews - Indosat Ooredoo IDByte 2017 merupakan acara yang digelar oleh Bubu.com bekerjasama dengan Indosat Ooredoo. Rabu (23/8) diadakan press conference di Gedung Serbaguna Menkominfo. Turut hadir pula Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Samuel Abrijani Pangerapan. Narasumber lainnya yaitu dari Group Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rachman dan Shinta Dhanuwardoyo selaku Founder dari Bubu.com.

IDByte keempat diselenggarakan pada 26 hingga 28 September 2017 di Pacific Place, Jakarta.  Virtual Startups Hunt, Bubu Awardsv.10, Pameran, Seminar hingga Konferensi sebagai puncaknya menjadi rangkaian dari event. Acara ini bertujuan meningkatkan jumlah dan kualitas startup di Indonesia. Bahkan Samuel Abrijani optimis bila program seribu startup akan berhasil dilakukan. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan banyak programer. Meskipun dalam mencapainya terdapat banyak tantangan seperti masih kurangnya human resource handal.

"Pemerintah telah berkontribusi dengan mempertemukan para startup sehingga dapat terlihat kebutuhan dan pencapaian masing-masing," ungkap Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Dengan adanya acara ini diharapkan dapat meningkatkan edukasi dan mendorong pertumbuhan ekosistem digital Indonesia.



Visi pemerintah dalam meningkatkan ekonomi digital di Indonesia juga mendorong Indosat untuk terus melakukan inovasi. Deva Rachman mengatakan "Indosat Ooredeoo bangga menjadi bagian dari perhelatan IDByte tahun ini,". Di era modernisasi, masyarakat perlu menangkap potensi dalam hal investasi dan memperkuat infrastruktur yang terjangkau.

Untuk meningkatkan angka programer, maka dilakukan kerjasama dengan universitas terkait. Shinta Dhanuwardoyo menjelaskan ide-ide Bubu.com salah satunya yaitu harus tahu caranya monetize. "Untuk mencapainya tim harus memiliki passion kuat untuk maju. Selain itu perlu juga memperhatikan model bisnis sehingga paham mana yang dapat berkembang," katanya. 


Reporter: ASH

Editor: Nur Hidayat

Annisa Setya Hutami
24-08-2017 14:31