Main Menu

Untuk Asian Games, INKA Kirim LRT dengan Teknologi Baru

Mukhlison Sri Widodo
10-04-2018 17:54

Rangkaian LRT produksi PT INKA yang akan dikirim ke Palembang. (Dok. Humas INKA/FT02)

Madiun, Gatra.com - Persiapan ajang olahraga negara-negara Asia yang digelar di DKI Jakarta dan Sumatera Selatan terus dikebut. PT INKA (Persero) mengerjakan Light Rail Transit (LRT) berteknologi baru untuk ajang tersebut.

 

Moda transportasi umum untuk menunjang mobilitas atlet dan petugas Asiam Games itu telah selesai dikerjakan dan siap dikirim.

Humas PT INKA (Persero) Cholik M Zamzam mengatakan pihaknya mulai mengirimkan LRT yang akan dioperasikan di Sumatera Selatan.

"Sebanyak 8 trainset atau rangkaian akan dikirimkan secara bertahap. Mulai awal April ini akan dikirim sebanyak empat trainset dan akan menjalani uji dinamis di lintasan," kata Cholik dalam keterangan tertulisnya dari Kantor PT INKA di Madiun, Selasa (10/4).

Ia menjelaskan, kereta ini tergolong menerapkan teknologi baru di Indonesia karena menggunakan motor listrik sebagai penggerak.

Kereta juga dilengkapi third rail sebagai sumber daya listrik, serta menggunakan material carbody (badan kereta) berupa aluminium double skin atau ekstrusi.

Untuk penggunaan di Asian Games, dalam satu rangkaiannya terdapat tiga kereta dengan susunan dua motor car atau kereta dengan roda penggerak sekaligus menyatu dengan kabin masinis dan satu kereta sebagai trailer car.

"Dari sisi kenyamanan, selain AC, LRT ini juga dilengkapi kaca jendela dari jenis safety glass (tempered) dan dilaminasi anti UV 60% sehingga mampu mengurangi radiasi sinar matahari langsung," imbuh Cholik.

Ia mengatakan, sebagai manufaktur sarana kereta api satu-satunya di Indonesia dan di Asia Tengggara, PT INKA turut mendukung terselenggaranya Asian Games ke-18 tahun 2018 di Jakarta - Palembang. Seluruh proses pengiriman LRT akan tuntas pada Juni 2018.

PT INKA menghadirkan moda transportasi ini khusus untuk para atlet dan masyarakat Sumatera Selatan pada umumnya.

"Saat keadaan penuh, kereta mampu membawa sekitar 379 penumpang, baik penumpang yang duduk maupun penumpang yang berdiri,"kata dia.

Anggaran pengadaan LRT ini mencapai Rp 400 milyar. "Tingkat kandungan lokal LRT ini mencapai kurang lebih 45%," kata Cholik.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
10-04-2018 17:54