Main Menu

Lestarikan Lingkungan, Semen Baturaja Daur Ulang Limbah B3

Mukhlison Sri Widodo
28-05-2018 21:25

Semen Baturaja Gandeng NHL. (Dok Semenbaturaja/re1)

Jakarta, Gatra.com – Untuk menjaga kelestarian lingkungan, perusahan semen berbasis di Sumatra Selatan, PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk (SMBR) berinisiatif menangani limbah di lingkungan perusahaan.

 

Karenanya, perusahaan pun menggandeng PT Nasional Hijau Lestari (NHL), perusahaan yang didirikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Holding Pertambangan untuk mengelola limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Penandatanganan kesepakatan kerja sama dilakukan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) SMBR, Rahmad Pribadi, dengan Pelaksana Tugas (Plt.) Dirut NHL, Agus Yulianto, di Kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin, 28 Mei 2018.

Dirut SMBR, Rahmad Pribadi, menyatakan dengan usaha ini, limbah yang pada awalnya beracun, berbahaya dan sama sekali tidak memiliki nilai ekonomis, diharapkan dapat diubah menjadi bernilai ekonomis. 

Karena bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai tambah.  “Baik menjadi bahan baku alternatif atau bahan bakar alternatif,” katanya.

Rahmad juga menyatakan di sekitar wilayah produksi SMBR di Sumatra Selatan, banyak sekali limbah yang bisa diolah. 

Dengan kegiatan yang peduli lingkungan ini, Rahmad mengharapkan NHL sebagai anak perusahaan BUMN dapat menjadi konsolidator untuk merealisasikan kepedulian SMBR terhadap kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan limbah. 

Kerja sama ini, kata Rahmad, merupakan tindak lanjut dari izin yang telah diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kepada SMBR pada akhir tahun 2017 lalu untuk mengelola limbah B3.

“Kepercayaan yang telah diberikan segera kami tindak lanjuti dengan menjalin kerja sama,” ujarnya.

Langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh SMBR dan NHL seusai penandatanganan menurut Rahmad adalah melakukan komunikasi, diskusi, koordinasi dan kajian-kajian terkait limbah B3. 

“Agar dapat dijadikan produk yang ramah lingkungan,” ujarnya. 

Dalam acara penandatanganan ini juga hadir perwakilan Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Sampah, B3 dan Limbah KLHK, Yani Asrani. 

Dari Kementerian BUMN hadir Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah. 

Selain itu ada Asisten Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan & Pariwisata I Kementerian BUMN dan Plt. Asisten Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media I, Rainoc.


Editor : Mukhlison 

Mukhlison Sri Widodo
28-05-2018 21:25