Main Menu

Tanam Pohon Cara PLN Peringati Hari Lingkungan Hidup

Mukhlison Sri Widodo
05-06-2018 21:24

PLN Tanam 32.000 pohon di Hari Lingkungan Hidup. (Dok. PLN/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, perusahan setrum pelat merah, PLN menggelar acara penanaman pohon secara serentak. 

 

Kegiatan ini  dilaksanakan di wilayah operasional PLN dari Sabang sampai Merauke pada Selasa (5/6). 

Penanaman pohon masal ini menargetkan sebanyak 32.000 pohon ditanam oleh 32 unit kerja PLN se-Indonesia.Di Jakarta, lokasi penanaman pohon dilaksanakan di Kampung Iklim, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. 

Selain itu juga di bantaran Sungai Ciliwung, Tebet, Jakarta Selatan; RPTRA Bambu Kuning, Palmerah, Jakarta Barat. Masing-masing lokasi menanam sebanyak 1.000 pohon.

"PLN sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi listrik tentu harus bertanggungjawab melestarikan lingkungan sekitar,” kata Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali yang hari itu akut melakukan penanaman di RPTRA Bambu Kuning. 

Ali ditemanai General Manager PLN Pusat Enjiniring Ketenagalistrikan Didik Sudarmadi dan Sekretaris Kecamatan Palmerah Bambang Suyatna. 

Program penanaman pohon ini dilakukan secara berkala oleh seluruh unit di PLN. Diharapkan dengan aksi ini dapat menunjang unit-unit PLN dalam peraihan PROPER dari KLHK sehingga dapat mempertahankan gelar PROPER Hijau dan bahkan memotivasi untuk memperoleh PROPER Emas. 

Ali juga berharap agar warga Keluruhan Kota Bambu dapat menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut dan dapat memanfaatkan tanaman lainnya untuk ditanam di lingkungan sekitar.

“Saya harap, bantuan 1.000 pohon ini bisa hidup. Karena disamping memberikan pohon, kita juga memberikan bantuan biaya perawatan agar pohon ini bisa hidup,” ujarnya

Karena di Kelurahan Kota Bambu, merupakan pemukiman yang sangat padat maka PLN berinisiatif, memberikan bantuan tanaman hidroponik agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Kalau tidak dijual, minimal untuk dikonsumsi sendiri,” kata Ali.

Program penanaman pohon yang merupakan program PLN Peduli (CSR PLN) ini sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi global warming.

Program ini juga mengajak stakeholder PLN, masyarakat dan akademisi untuk ikut bersama menjaga lingkungan hidup.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Kecamatan Palmerah Bambang Suyatna mengatakan bahwa setelah bantuan dari PLN ini warga perlu terus komit untuk melestarikan 1.000 pohon tersebut demi lingkungan yang lebih hijau.

“Kami berpesan kepada warga, begitu sudah dibantu PLN, ayo sama-sama kita jaga, kita rawat, kita siram. Jangan hanya senang dikasih, tapi rasa memilikinya tidak ada,” ujar Bambang.

Untuk jenis tanaman yang diprioritaskan pada program ini adalah jenis tanaman produktif, tanaman khas lokal dan tanaman yang dapat mengurangi pencemaran. 

Lokasi penanaman pohon ini fokus pada wilayah sekitar PLN dan lokasi masyarakat umum, seperti pesisir laut, sempadan sungai, lahan gundul, dan lainnya.

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 32.000 pohon sebesar Rp 4,64 milyar.

Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.


Editor : Mukhlison 

Mukhlison Sri Widodo
05-06-2018 21:24