Main Menu

GMF-CItilink Sepakati Kerjasama Perawatan Komponen Pesawat

Muchammad Egi Fadliansyah
07-06-2018 01:40

Pt Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF). (Dok.gmfaeroasia/RT)

Jakarta, Gatra.com - PT. Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMF) dan PT Citilink Indonesia (Citilink) menyepakati kontrak kerja sama Compnent Pooling untuk pesawat jenis Airbus A320 milik Citilink sebanyak 18 unit.

 

Direktur Utama GMF Iwan Joeniarto mengatakan, kesepakatan kontrak ini merupakan bentuk sinergitas antara dua entitas Garuda Indonesia Group. Karena itu, menurutnya, GMF berkomitmen menjaga kepercayaan Citilink, dengan terus meningkatkan kapabilitas sebagai salah satu perusahaan MRO.

"GMF berterima kasih kepada Citilink yang mempercayakan GMF untuk mengambil bisnis keperawatan komponen milik Citilink. Mari kita jaga kepercayaan yang diberikan citilink. Agar Citilink semakin sukses, terbang kemana pun di dampingi GMF," katanya kepada Wartawan, Di bilangan Jakarta Pusat, Rabu (06/06).

Kerjasama ini, lanjut Iwan, merupakan pekerjaan perawatan komponen dengan skema Component Pooling perdana bagi GMF. Ia berharap, pekerjaan ini akan menjadi etalase bagi GMF untuk dapat memasarkan produknya kepada maskapai lain, baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pada kerja sama awal ini, GMF diproyeksikan dapat membukukan pendapatan US$ 1,6 juta pertahunnya. Meski begitu, ia menambahkan, angka tersebut akan terus berkembang seiring dengan penambahan coverage part number dan armada Citilink. "Nanti angkanya bisa mencapai US$ 6 juta kalo sudah 50an pesawat. Jadi nanti kontraknya sebesar US$ 30 juta selama 5 tahun," ucapnya.

Karena itu, ia meyakini, kerjasama ini akan memberikan nilai tambah bagi Citilink dan customer lainnya dalam bisnis Component Pooling. "Skema component poling ini dapat memberikan efisiensi kepada masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirut Citilink Juliandra Nurtjahjo menyambut positif sinergi anak Garuda Indonesia Group ini. Ia menambahkan, dengan kapabilitas yang dimiliki GMF saat ini, menjadi satu jaminan bagi keberlangsungan operasional Citilink agar berjalan dengan optimal.

"Ini satu bentuk sinergi baik Garuda Indonesia Group. Kita ingin ke depannya mesin pesawat dan komponen kita serahkan ke GMF. Kita bangga menjadi captive marketnya GMF, dengan ikut serta menambah kapabilitas GMF," pungkasnya.


Reporter : MEF

Editor : Sandika Prihatnala

Muchammad Egi Fadliansyah
07-06-2018 01:40