Main Menu

Ramadhan dan Lebaran, BJB Siapkan Rp14,4 Trilyun

didi
07-06-2018 13:13

Ilustrasi Stok Rupiah. (GATRA/Ardi Widi Yansah/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Guna mengantisipasi kebutuhan dana masyarkat sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2018, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) menyiapkan likuiditas mencapai Rp14,4 trilyun atau meningkat 50% (year-on-year) dibanding tahun lalu.

Direktur Utama BJB, Ahmad Irfan mengatakan, peningkatan penyiapan dana tersebut karena adanya pencairan Dana Sertifikasi Guru, Dana Bantuan Sekolah (BOS), gaji Aparaatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan Juni 2018, gaji ke-14 dan pensiunan serta THR ASN dan pensiunan.

"Dana likuiditas tersebut didistribusikan ke seluruh jaringan kantor Bank BJB, terutama ke sejumlah kota tujuan mudik," kata Irfan dalam keterangannya kepada GATRA, Kamis (7/6).

Berdasarkan data Bank Indonesia, penyiapan uang kartal menjelang Lebaran 2018 mencapai Rp188,2 trilyun. BI juga telah mengimbau agar masyarakat menukarkan uang baru di tempat resmi, untuk mencegah peredaran uang palsu.

"Bank BJB melayani penukaran UPK (uang pecahan kecil) melalui mobil layanan kas dan semua kantor cabang. Layanan ini sejalan dengan upaya regultor terkait clean money policy dan pencegahan peredaran uang palsu," ujar Irfan.

Irfan menambahkan, BJB juga membuka layanan weekend banking yang tetap beroperasi seperti biasa dan hanya tutup pada tanggal 10, 16 dan 17 Juni 2018. Namun, nasabah bisa menggunakan layanan non-operasional kantor melalu e-channel.

"Selain penarikan uang tunai, layanan e-channel juga menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi dengan nyaman dan aman," kata Irfan.


Reporter : Didi Kurniawan
Editor : Mukhlison

didi
07-06-2018 13:13