Main Menu

Shell Indonesia Perkenalkan Dua Oli Bahan Baku Ban

Aries Kelana
09-06-2018 23:46

Shell. (Dok.Shell/RT)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com – Di pertengahan tahun ini PT Shell Lubricants Indonesia meluncurkan dua produk teranyar, yaitu Shell Flavex 595B dan Shell Risella X. Kedua produk minyak pelumas ini bukan untuk keperluan mesin, melainkan oli yang digunakan untuk pemrosesan atau salah satu bahan baku yang mendukung industri manufaktur terutama dalam pembuatan ban kendaraan bermotor, industri kosmetik dan industri kimia lainnya.

Bambang Wahyudi VP Technical PT Shell Indonesia -- induk usaha Shell Lubricants Indonesia -- mengatakan, Shell Flavex 595B merupakan oil extender atau minyak paraffinic yang berfungsi sebagai pemroses khusus karet yang bersifat non-karsinogen atau tidak menyebabkan kanker.

Selain itu, kedua produk oli diklaim bisa memberikan hasil ban jauh lebih berkualitas dan lebih aman untuk lingkungan dan manusia. Itu bila dibandingkan dengan minyak bahan baku lain yang biasa digunakan selama ini dengan teknologi distillate aromatic extract (DAE). Produk tersebut telah lulus pengujian yang ketat dari REACH, sejenis badan sertifikasi dan pengujian internasional bahan kimia untuk industri hilir.

Menurut Bambang, pihaknya membuat bahan baku pembuatan ban lantaran pertumbuhan otomotif yang kian berkembang di Indonesia. Pertumbuhan otomotif yang pesat membutuhkan ban yang kuat. Dengan demikian, permintaan karet di Indonesia, juga meningkat.

“Kami memiliki lebih dari 30 tahun pengalaman bekerjasama dengan produsen ban, untuk memastikan mereka menggunakan bahan baku yang berkualitas terbaik,” ujarnya dalam keterangan persnya yang diterima Gatra.com.

Sedangkan, Shell Risella X menggunakan teknologi gas ke cair (gas to liquid). Selain digunakan untuk industri ban, Shell Risella Xjuga digunakan untuk industri kosmetik, terutama untuk produk-produk pembersih.

Produk tersebut diklaim aman bagi manusia dan lingkungan. “Shell Risella X tidak dibuat dari minyak mentah tapi diproduksi dari gas alami,” kata Doori Pakasa, VP Sales Direct PT Shell Indonesia. 

Dua produk tersebut diperkenalkan Shell Indonesia dalam pameran Tyre and Rubber Indonesia 2018 di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.


Editor: Aries Kelana

 

Aries Kelana
09-06-2018 23:46