Main Menu

Serius Soal Analisa Big Data, Air Asia Gandeng Palantir Sebagai Mitra

Sandika Prihatnala
13-08-2018 15:48

CEO AirAsia Tony Fernandes. (Shutterstock/FT02)

Sepang, Gatra.com - Palantir, sebuah perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California yang memiliki spesialisasi di bidang analisa big data, akan bekerja sama dengan AirAsia untuk menjalankan proyek pengolahan data pada platform mereka di berbagai fungsi bisnis AirAsia selama lima tahun ke depan.

 

Fungsi-fungsi ini mencakup pengalaman pelanggan (customer experience), penjualan produk-produk inflight, manajemen rute dan pendapatan, keuangan, keamanan, operasional penerbangan, perencanaan jaringan, kargo, manajemen rantai pasokan, komersial dan pengembangan karyawan.

Termasuk di dalam proyek ini adalah pengembangan berbagai model yang didukung oleh data berbasis konsumen, memberikan visibilitas dan meningkatkan efisiensi di seluruh lini operasional AirAsia, termasuk dalam hal manajemen pengadaan dan persediaan, serta menyediakan pelatihan teknis dan analitik untuk Allstars atau karyawan kami.

CEO Grup AirAsia dan Co-Group CEO AirAsia X, Tony Fernandes mengatakan, data adalah aset terbesar yang dimilikinya. Tapi data tidak akan berarti jika tidak bisa dipahami,


“Di sinilah Palantir hadir untuk membantu kami memahami data dan hubungan di antara data-data tersebut, mulai dari operasional, komersial hingga sisi pengalaman pelanggan,” katanya.

Kerjasama dengan Pantir menurutnya akan mendorong pertumbuhan eksponensial ditengah upaya Air Asia memberi nilai tambah.

“Kami akan menetapkan standar tentang bagaimana sebuah maskapai memanfaatkan data untuk meningkatkan pendapatan - kami memproyeksikan 5 persen kenaikan dalam pendapatan Grup - mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi dan menciptakan pengalaman yang benar-benar personal bagi penumpang, dan kami senang bermitra dengan Palantir dalam hal ini,” jelasnya.

Sementara, CEO dan Co-Founder Palantir, Alex Karp mengatakan AirAsia adalah yang terdepan dalam inovasi di industri aviasi.

“Tony Fernandes telah membangun sebuah organisasi yang berani untuk mencoba hal-hal baru dalam industri yang berperan sangat vital, dan kami sangat bangga dapat menjalin kerja sama dengan AirAsia,” ungkapnya.


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
13-08-2018 15:48