Main Menu

Bank Mandiri Gandeng Fintech Pembiayaan untuk Perkuat Modal Kerja UMKM

didi
27-08-2018 15:03

Perjanjian Kerja sama Bank Mandiri dan Amartha. (Dok. Amartha/FT02)

Jakarta, Gatra.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bekerjasama dengan PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) dan PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks), dua perusahaan teknologi finansial (tekfin) peer-to-peer lending, untuk membiayai UMKM konvensional dan online seller.

 

Melalui kerja sama ini, ribuan UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia diharapkan dapat memperkuat modal kerja dan ekspansi pasar mereka.

Perjanjian kerjasama ini ditandatangani oleh SVP Micro Banking Bank Mandiri Wawan Setiawan dan SVP SME Banking Bank Mandiri Anton Herdianto serta Direktur PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) Aria Widyanto dan Direktur PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) Benedicto Haryono di Jakarta, Senin (27/8) dengan disaksikan oleh Pejabat Eksekutif Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang.

Menurut Donsuwan, sinergi perbankan konvensional dan perusahaan fintech sangat strategis untuk memberikan akses pembiayaan ke pelaku usaha mikro, kecil dan menengah agar mereka mampu berkembang.

“Bank Mandiri akan memanfaatkan sinergi dengan Amartha dan KoinWorks untuk memperkuat penetrasi pembiayaan hingga ke kelompok-kelompok usaha yang masih belum bisa dijangkau atau unbanked karena struktur usaha dan arus kas yang masih belum memenuhi syarat bank konvensional,” kata Donsuwan.

Dalam kerjasama ini, Amartha dan KoinWorks akan mereferensikan mitra UMKM yang sesuai dengan kriteria kepada Bank Mandiri. Selanjutnya, Bank Mandiri akan menentukan mitra UMKM mana yang dapat memperoleh fasilitas kredit.

Dengan hasil seleksi dari Amartha dan KoinWorks diharapkan dapat membantu Bank Mandiri meminimalisir peluang terjadinya non-performing loan di kemudian hari.

Bank Mandiri memastikan dapat menjangkau rentang Nasabah UMKM yang lebih luas, sehingga dapat mengakomodasi keterbatasan dari mitra UMKM, lanjut Donsuwan.

Per Juli 2018, penyaluran kredit mikro produktif Bank Mandiri telah mencapai Rp 35 trilyun, sedangkan kredit UKM Bank Mandiri pada periode yang sama sebesar Rp52 trilyun.

Sementara itu, Aria Widyanto mengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Bank Mandiri yang memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam pembiayaan UMKM di Indonesia.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat membantu ribuan Ibu rumah tangga sekaligus pengusaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan tambahan modal dalam mengantisipasi perkembangan bisnis rumahan mereka,” kata Aria.

Sedangkan Benedicto Haryono mengatakan, kolaborasi dengan Bank Mandiri akan memberikan perusahaan fintech seperti KoinWorks, kapasitas pembiayaan yang lebih besar sehingga dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

“Bank Mandiri diharapkan dapat menjadi institutional investor yang dapat memperluas pemberian modal kerja bagi UMKM yang berjualan secara online yang semakin menjadi primadona dalam perkembangan ekonomi di Indonesia,” pungkas Benedicto.


Reporter : Didi Kurniawan
Editor : Mukhlison 

didi
27-08-2018 15:03