Main Menu

FSC Edukasi Siswa Soal Lingkungan

Aries Kelana
23-09-2018 20:29

Acara Forest Stewardship Council (FSC) Goes To School. (Dok. Tetra Pak/awy)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com -- Forest Stewardship Council (FSC) kembali mengadakan program edukasi lingkungan di kalangan pelajar. Kali ini bertajuk FSC Goes to School. Program yang bertujuan untuk memberikan edukasi terkait pentingnya keberlanjutan hutan dan lingkungan kepada anak-anak sekolah atau pelajar, orang tua murid dan para guru ini akan dilaksanakan di 5 titik yang berada di wilayah Jabodetabek.

 

Di dalam acara tersebut pelajar diajak mengenali produk yang sustainable melalui Program Peduli Hutan Berawal Dari Rumah. Pada tahun ini FSC memilih tingkat sekolah yang beragam untuk dikunjungi, mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar hingga sekolah menengah atau kejuruan. Ini dimaksudkan agar edukasi di tingkat sekolah dapat merata sehingga apa yang menjadi tujuan dari manfaat FSC dapat diketahui oleh masyarakat luas.

Indra Setia Dewi, Manager Marketing & Communications FSC Indonesia, mengatakan, program FSC Goes To School merupakan program baru yang dilaksanakan pada tahun lalu. Pihaknya merasa
program ini terselenggara dengan baik dan sukses sehingga perlu untuk dilakukan kembali.

Lebih lanjut, Indra, bilang, sekolah telah menjadi bagian penting dalam melakukan edukasi bagi FSC dikarenakan sekolah merupakan salah satu tempat dimana seorang anak dapat berkembang diajarkan banyak hal dalam mengemban pendidikan yang telah ditetapkan oleh setiap sekolah.

"Bagi FSC, sekolah merupakan tempat tumbuh kembangnya anak sehingga diharapkan sekolah dapat memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak, sehingga pengetahuan lingkungan semenjak di bangku sekolah merupakan hal yang penting bagi tumbuhnya kesadaran lingkungan bagi anak," ujar Indra dalam rilisnya yang diterima Gatra.com (23/9).

Program FSC Goes To School akan dilakukan selama 1 hari disetiap lokasinya dan diisi dengan berbagai edukasi yang berkaitan dengan hutan dan lingkungan dalam bentuk fun games, creative games serta edukasi khusus terkait FSC. Pada tahun ini para pelajar yang beruntung sekolahnya dikunjungi oleh FSC Indonesia akan dibekali pula dalam bentuk kreativitas yang salah satunya adalah program pengajaran dalam melakukan proses daur ulang kemasan bekas atau sampah dari kertas dan karton minuman.

Selain itu pula program edukasi ini tidak hanya diberikan kepada para pelajar sekolah tersebut tetapi juga akan dilakukan kegiatan dengan mengundang secara khusus perwakilan para orang tua murid untuk dapat dibekali edukasi terkait dengan manfaat FSC, sehingga harapannya program FSC Goes To School ini bermanfaat bukan saja hanya untuk sekolah dan para pelajarnya tetapi juga bagi para orangtua murid.
 
Reza Andreanto, Environment Manager Tetra Pak Indonesia, yang digandeng FSC Indonesia, menimplali, pihaknya  melihat program FSC Goes To School sebagai bentuk kegiatan yang sangat baik dalam melakukan edukasi terkait manfaat dari FSC. Pihaknya sebagai mitra FSC akan turut serta mendukung penuh program-program yang dapat bermanfaat bagi generasi penerus.

"Pada program ini pula kami  akan menyebarluaskan program pengumpulan kemasan karton bekas minuman yang telah lama dilakukan dengan tujuan dapat memberikan edukasi secara langsung kepada pelajar terkait pemilahan sampah dan menambah titik-titik lokasi pengumpulan,” ujar Reza.
 
SD Avicenna Jagakarsa Jakarta Selatan yang merupakan salah satu SD pertama yang dikunjungi FSC. Sebanyak 400 siswa siswi mulai dari tingkat SD kelas 1 hingga kelas 6 terlibat da. Acara yang meriah ini diisi dengan berbagai macam kegiatan mulai dari senam bersama, creative building, fun games, creative games, storytelling hingga seminar bersama para orang tua murid yang diundang secara khusus.

Adil Setiadji, Kepala Sekolah SD Avicenna Jagakarsa, menuturkan bahwa pihaknya merasa sangat senang dan bangga atas terpilihnya SD Avicenna Jagakarsa sebagai sekolah pertama
yang dikunjungi program roadshow FSC Goes To School 2018.

"Kami menilai sangat tepat dan baik untuk dapat dilakukan di sekolah kami karena edukasi terkait dengan pengelolaan hutan dan peduli akan lingkungan juga menjadi salah satu edukasi yang kami ingin dapat sampaikan kepada siswa siswi di sekolah kami dan harapan kami program semacam ini dapat dilakukan secara konsisten dan berkala dari lembaga, organisasi dan perusahaan lainnya” ucapnya.


Aries Kelana

 

Aries Kelana
23-09-2018 20:29