Main Menu

Rizal Ramli Ingin Sulap Danau Toba Seperti Monaco

Januar
14-09-2015 16:28

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli (Dok.GATRA/Abdul Malik)

Jakarta, GATRAnews - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 20 juta dalam lima tahun kedepan. Pemerintah memfokuskan 10 destinasi wisata untuk dipromosikan di dunia internasional. Dari lokasi-lokasi tersebut, salah satu yang paling potensial adalah kawasan Danau Toba Sumatera Utara.

Rizal mengatakan akan membenahi wilayah tersebut sehingga menyamai negara tepi laut di Eropa, Monaco. "Nantinya, Danau Toba akan jadi Monaco-nya Asia. Danau Toba memiliki potensi yang sangat tinggi. Dahulu di sana jadi tempatnya orang-orang Singapura meeting," kata Rizal usai memimpin rapat koordinasi dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri, Senin (14/9).

Rizal menyayangkan kawasan tersebut kini tidak lagi terjaga. Ia mengatakan infrastruktur di kawasan tersebut harus ditingkatkan agar dapat menarik minat wisman. Untuk itu, pemerintah akan merevitalisasi Bandar Udara Silangit yang letaknya berada di kawasan tersebut.

Ia mengatakan Kemenhub nantinya akan langsung mengelola bandara tersebut yang saat ini masih dikelola Angkasa Pura. "Kalau pengelolaannya setengah-setengah mending dikasih ke Kemenhub saja," kata Rizal.

Rizal berharap semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisman dapat mendorong perekonomian nasional yang sedang melemah. Ia juga menargetkan jumlah tenaga kerja sektor pariwisata meningkat dari 3 juta menjadi 7 juta tenaga kerja.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur Hidayat

Januar
14-09-2015 16:28