Main Menu

Mantan Wapres Budiono: Bertahan dari Krisis Tidak Mudah

Januar
22-09-2015 15:06

Mantan Wakil Presiden, Boediono (ANTARA/Prasetyo Utomo)

Jakarta, GATRAnews - Mantan Wakil Presiden, Budiono mengatakan Indonesia telah beberapa kali diterpa krisis ekonomi. Jangka waktu krisisnya semakin lama semakin pendek. Ia meminta pemerintahan Joko Widodo harus mampu membuat kebijakan untuk bertahan dari krisis saat ini.

 

 

"Indonesia pernah mengalami krisis 1997-1998 dan 2008, dan kita berhasil melewatinya dengan baik. Ada pelajaran berharga yang bisa diambil dari krisis itu," kata Boediono di Jakarta, Selasa (22/9).

 

Ia mengatakan salah satu untuk mengatasi krisis adalah menempatkan para menteri yang memiliki kemampuan sesuai dengan bidangnya. "Harus menganut faham, right person in right place," kata Budiono.

 

Menurutnya, antisipasi krisis harus dilakukan dengan cepat. Dia berharap, ketidakpastian ekonomi di tingkat global tidak menular ke Indonesia melalui jalur finansial. "Sebab, krisis finansial ini membutuhkan respons dan penanganan yang cepat," katanya.

 

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini juga mengatakan krisis yang terjadi saat ini jika tidak diatasi dengan baik maka akan berdampak krisis secara luas.

Untuk itu, ia meminta pemerintah menyinergikan kebijakan untuk antisipasi krisis. "Komunikasi antarotoritas harus lebih sering dilakukan meski belum terjadi krisis," ujar Boediono. 


 

Reporter: Januar Rizki

Januar
22-09-2015 15:06