Main Menu

BI Nilai Triwulan III Titik Balik Pulihnya Ekonomi Indonesia

Januar
28-09-2015 17:20

Bank Indonesia (GATRA/Rifki M Irsyad)

Jakarta, GATRAnews - Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan perekonomian Indonesia triwulan III ini sudah memasuki masa perbaikan. Ia yakin pertumbuhan ekonomi kali ini lebih baik dibanding triwulan sebelumnya. 

 

 

"Ekonomi triwulan III merupakan turning point. Pertumbuhan ekonomi kali ini akan meningkat dibanding sebelumnya. Dan perbaikan akan terus berlanjut di tahun depan," kata Perry saat dijumpai di Gedung DPR, Senin (28/9).

 

Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi selama triwulan I dan II masing-masing mencapai 4,71% dan 4,67%. Perry mengatakan indikator peningkatan ekonomi sudah mulai terlihat saat ini. Ia mencontohkan peningkatan penjualan semen dan kendaraan bermotor sudah mulai tercatat.

 

"Persepsi pertumbuhan ini harus dimunculkan. Penjualalan harga semen mulai meningkat. Lalu, kendaraan bermotor meningkat juga. Triwulan III dan kedepannya pertumbuhan ekonomi akan naik," kata Perry.

 

Selain itu, ia juga menambahkan bank sentral Amerika Serikat juga sudah mulai memberi kepastian untuk menaikkan suku bunga acuan pada Desember. Hal ini memberi kepastian bagi Bank Indonesia dan pemerintah menetapkan kebijakan ekonominya.

 

"Kemungkinan The Fed akan naikkan suku bunga sehingga kepastian akan muncul. Persepsi pertumbuhan ini juga harus dimiliki pengusaha, bankir dan masyarakat domestik," kata Perry.


 

 Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
28-09-2015 17:20