Main Menu

Ini Respon Gubernur BI Tentang Paket Kebijakan V Jokowi

Januar
23-10-2015 11:08

Agus Dermawan Winarto Martowardojo (Gatra/Ardi Widi Yansah)

Jakarta, GATRAnews - Gubernur Bank Indonesia Agus Dermawan Winarto Martowardojo mengatakan paket kebijakan ekonomi V yang baru saja diluncurkan pemerintah masih sejalan dengan upaya reformasi struktural sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

  

“Kami juga menyambut baik langkah-langkah konkret yang diambil oleh Pemerintah sekarang sudah menghasilkan fundamental pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di Indonesia, dan ini terlihat dari pencapaian inflasi, di tahun 2015 ini kami, dari Bank Indonesia, meyakini akan berada di bawah 4%,” kata Agus di Istana Negara Kamis (22/10).

 

Ia mengatakan dalam dua tahun terakhir inflasi ada di atas 8%. Sedangkan saat ini, inflasi bisa ditekan di bawah 4%. Kondisi ini menunjukkan suatu fundamental ekonomi yang kuat.

 

Selain itu, Agus juga menunjukkan adanya perbaikan pada transaksi berjalan. Ia menyebutkan, transaksi berjalan Indonesia yang pernah mencapai defisit US$ 27 miliar diperkirakan membaik menjadi defisit sekitar US$ 18 miliar tahun ini.

 

“Ini menunjukkan kondisi perbaikan, dan secara pertumbuhan ekonomi di semester I memang di kisaran 4,7%, tetapi di semester II akan ada kesempatan untuk kita mempunyai kondisi yang lebih baik. Kami melihat bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2015 akan ada di kisaran, 4,7%-5,1%,” kata Agus. Sedangakan, pertumbuhan kuartal III diperkirakan 4,85%.

 

Agus menekankan ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di saat dunia sedang memperhatikan negara-negara berkembang yang umunnya mempunyai pertumbuhan ekonomi yang terus melambat, Indonesia bisa membuktikan setelah semester I di kuartal III bisa berbalik menjadi 4,85%.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani  

Januar
23-10-2015 11:08