Main Menu

Jokowi Terima Kunjungan Wapres India Bahas Penguatan Ekonomi

Januar
02-11-2015 18:04

Jokowi menyambut Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari(ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo baru saja berjumpa dengan Wakil Presiden India, Mohammad Hamid Ansari di Istana Merdeka pada Senin (2/11). Pertemuan tersebut membahas penguatan ekonomi kedua negara yang saat ini tumbuh pesat.

Jokowi mengatakan pertemuan tersebut masalah ekonomi, terutama di bidang yang berkaitan dengan keamanan maritim, pendidikan, dan batubara.  “Tadi juga Wapres India menyampaikan agar secepatnya ada tindaklanjut dan implementasi mengenai apa yang tadi dibicarakan,” kata Jokowi dalam keterangan persnya melalui Sekrteariat Kabinet.

Jokowi juga mengusulkan kerjasama dalam bidang industri obat-obatan. Menurutnya, obat-obatan di India harganya jauh lebih murah daripada di Indonesia. Ia akan menginstruksikan Menteri Kesehatan, Nila Moeloek untuk merumuskan kerja sama tersebut.

Dalam hubungan dagang kedua negara tersebut tercatat Indonesia surplus. Komoditi ekspor utama Indonesia adalah CPO dan batubara. Transaksinya mencapai US$ 16,7 miliar.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menambahkan dalam kunjungannya tersebut, pemerintah India mengundang Jokowi untuk kunjungan kenegaraan. “Presiden menyampaikan akan mencari waktu yang tepat untuk berkunjung, jadi mungkin awal tahun depan,” ungkap Retno.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur Hidayat

Januar
02-11-2015 18:04