Main Menu

Gaji PNS Dipastikan Tidak Naik Tahun Depan

Januar
03-11-2015 19:33

Menteri Keuangan, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro(GATRAnews/Erry Sudiyanto)

Jakarta, GATRAnews - Pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 tidak mengalokasikan penambahan gaji pada pegawai negeri sipil (PNS). Kenaikan gaji PNS dinilai memberatkan belanja negara.

"Kalau gaji naik maka belanja pegawainya akan naik. Dan ini akan memberatkan anggaran belanja negara," kata Menteri Keuangan, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro saat dijumpai di Jakarta, Selasa (3/11).

Bambang menambahkan selama ini setiap tahunnya belanja pegawai terus membengkak sehingga anggarannya dalam APBN terus naik. "Kenapa belanja pegawai naik terus karena pensiunnya tidak bisa ditutupi Taspen dan Asabri. Jadi pemerintah yang tutup kekurangannya," kata Bambang.

Meski tidak ada kenaikan, pemerintah menggantinya dengan Tunjangan Hari Raya (THR). Nantinya, PNS akan menerima sesuai dengan gaji pokok bulanan. "Jadi nanti PNS terima sesuai dengan gaji pokoknya selama satu bulan," kata Bambang.

Menurutnya, pemberian THR tersebut tidak memberatkan belanja negara dalam jangka panjang. "Kami memberikan itu karena tidak ada konsekuensinya saat mereka (PNS) sudah pensiun," kata Bambang.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur Hidayat 

Januar
03-11-2015 19:33