Main Menu

Presiden Jokowi Bertemu PM Norwegia bahas Soal Iklim

Nur Hidayat
01-12-2015 13:52

Presiden Joko Widodo bersama PM Norwegia Erna Solberg (Tim Komunikasi Presiden)

Paris, GATRAnews - Presiden Joko Widodo bertemu dengan PM Norwegia Erna Solberg di penghujung hari pertama pertemuan Leaders' Event ‎COP 21, di Paris, Perancis, Senin (30/11). Dalam pertemuan ini, Presiden Jokoei dan PM Solberg sepakat meningkatkan kerjasama dalam konteks REDD+.

"Indonesia berkomitmen m‎enurunkan emisi sebesar 29% dibawah business as usual pada tahun 2030 dan 41% dengan bantuan internasional," ujar Presiden Jokowi. PM Solberg menyampaikan apreasi atas kesediaan Presiden Jokowi menerima tawaran menjadi Co-Convener Financing For Education. "Tentunya bukan pekerjaan yang mudah. Tapi kami percaya dengan pengalaman yang dihadapi Indonesia selama ini," ujar PM Solberg.

Presiden Jokowi menyampaikan perlunya kerjasama yang erat dalam resolusi konflik dalam konteks Oslo Forum. "Indonesia mempertimbangkan secara positif menjadi tuan rumah Oslo Forum Asia di tahun 2016," kata Jokowi. 

Oslo Forum adalah jaringan mediator perdamaian dunia yang diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Luar Negeri Norwegia dan Humanatarian Dialog Center (HDC). Presiden Jokowi dan PM Solberg sepakat juga untuk meneruskan kerjasama di bidang perikanan dengan prioritas pada combating Illegal Unreported Unregulated Fishing, pengembangan industri perikanan dan pengelolaan perikanan berkelanjutan. 


Editor: Nur Hidayat

 

Nur Hidayat
01-12-2015 13:52