Main Menu

Lagarde Kembali Pimpin IMF Kedua Kali  

Januar
20-02-2016 15:02

Christine Lagarde(ANTARA/Ismar Patrizki)

Jakarta, GATRAnews - The Executive Board of the International Monetary Fund (IMF) baru saja memilih Christine Lagarde sebagai Managing Director IMF untuk kedua kalinya pada Sabtu (19/2). Jabatan ini terhitung pada 5 Juli 2016 dengan masa kepemimpinan lima tahun.

Keputusan ini diambil berdasarkan konsesus atau diskusi bertahap yang telah dilakukan IMF. Pasalnya, Lagarde merupakan satu-satunya nama yang dicalonkan dalam bursa pemilihan sejak 20 Januari lalu. Menyusul pengumuman itu, Lagarde mengatakan dalam pernyataan, "Saya senang diberi kesempatan untuk memimpin IMF sebagai direktur pelaksana untuk masa jabatan lima tahun kedua, dan saya sangat menghargai kepercayaan serta dukungan dari Dewan Eksekutif Dana dan 188 negara anggota kami," katanya.

Dalam situsnya, IMF memuji kepemimpinan Lagarde selama masa jabatan pertamanya. "Ms Lagarde memperkuat kemampuan IMF untuk mendukung anggota-anggotanya dengan saran kebijakan, pembangunan kapasitas, dan pembiayaan. Dia juga telah memainkan peran penting dalam revitalisasi hubungan IMF dengan keanggotaan global, termasuk anggota-anggota pasar yang bertumbuh dan negara berkembang," kata Aleksei Mozhin, Ketua Dewan IMF, dalam pernyataan.

Lagarde, mantan menteri keuangan Prancis, mengambil alih sebagai ketua IMF pada 2011 setelah pengunduran diri Dominique Strauss-Kahn di tengah skandal. Dia adalah wanita pertama yang memimpin organisasi internasional tersebut.


Reporter: Januar Rizki 

Editor: Nur Hidayat


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI

Januar
20-02-2016 15:02