Main Menu

Temui Putri Belgia, Jokowi Bahas Investasi Sampai Misi Budaya

Ervan
15-03-2016 12:22

Presiden Joko Widodo menerima Delegasi Kerajaan Belgia Putri Astrid di Istana Merdeka (Setpres/Intan/Adi3)

Jakarta, GATRAnews- Presiden Joko Widodo menerima Kunjungan Kehormatan Delegasi Kerajaan Belgia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (15/3). Delegasi Kerajaan Belgia dipimpin oleh Putri Astrid, adik dari Raja Phillipe dari Belgia. Sedangkan Presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara  Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, dan Kepala BKPM Franky Sibarani. 

Presiden Jokowi menyambut baik kedatangan Putri Astrid berserta 300 delegasi dari kalangan bisnis Belgia. Diharapkan kunjungan ini dapat mempererat hubungan bilateral, terutama kerjasama di bidang ekonomi. Sebab, Indonesia merupakan basis pintu produksi dan pintu masuk barang-barang Belgia ke Asia Tenggara. "Presiden menyepakati peningkatan hubungan ekonomi terutama di bidang perdagangan dan investasi," kata Menlu Retno usai pertemuan. 

Jumlah transaksi perdagangan Indonesia dan Belgia di tahun 2015 mencapai angka 1,67 milyar dolar Amerika Serikat, sedangkan angka investasi selkitar 7 juta dolar Amerika Serikat. 

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi menyampaikan harapan agar terjadi peningkatan hubungan dagang bilateral yang saling menguntungkan antara Indonesia dengan Belgia. Peningkatan hubungan ini dapat dilakukan antara lain melalui peningkatan peningkatan interaksi antara komunitas bisnis kedua negara serta perluasan akses pasar bagi produk Indonesia, seperti produk alas kaki, karet, tekstil, elektronik, dan furnitur. Presiden juga mengundang investor Belgia untuk meningkatkan investasinya di sektor strategis Indonesia, antara lain infrastruktur, telekomunikasi, industri perfilman, dan bahan baku obat. 

Di bidang kerjasama kebudayaan, Presiden menyambut baik kerjasama kebudayaan Indonesia-Belgia, termasuk taman bertemakan Indonesia “Kingdom of Ganesha” di dalam taman Pairi Daiza, Belgia. Presiden juga Menyambut baik pemilihan Indonesia sebagai negara tamu Festival Europalia Indonesia 2017, yang akan dioptimalkan sebagai sarana promosi budaya dan pariwisata Indonesia serta meningkatkan people-to-people contact. 

Misi ekonomi Belgia ke Indonesia ini diikuti lebih dari oleh 300 pengusaha dan 127 perusahaan. Misi ini merupakan yang terbesar ke Indonesia, yang dilakukan untuk memperkuat hubungan antarkedua negara. Di Indonesia, delegasi akan mengunjungi tiga kota yaitu Jakarta, Bogor, dan Bandung. 


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Nur Hidayat


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI

Ervan
15-03-2016 12:22