Main Menu

Bappenas: Belum Ada Revisi APBN 2016

didi
18-03-2016 16:48

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil (GATRA/Rifki M Irsyad/adi3)

Jakarta, GATRAnews - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil mengatakan hingga sekarang belum ada rencana revisi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2016 oleh pemerintah.

 

"Belum (ada). Tentu kan kami harus exercise semua, kan APBN baru mulai," ujar Sofyan seperti dilaporkan Antara di Jakarta, Jumat (18/3).

 

Baru-baru ini, Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) baru saja merevisi ke bawah proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

 

Bank Dunia merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 5,3% menjadi 5,1%. Sementara itu, IMF merevisi dari 5,5% menjadi 4,9%. Keduanya lebih rendah dari asumsi pertumbuhan ekonomi dalam APBN 2016 5,3%.

 

Sofyan sendiri menanggapi wajar adanya opini dari kedua lembaga tersebut mengingat adanya kekhawatiran terkait perekonomian global yang akan berdampak ke ekonomi domestik.

 

"Kita akan lihat apakah yang disampaikan itu relevan karena banyak orang khawatir tentang pertumbuhan China dan sebagainya, tetapi sebagai dokumen resmi kita harus exercise dulu. Kalau nanti ada perubahan APBN baru nanti kita bicarakan," kata Sofyan.

 

Ia menambahkan, kemungkinan akan ada beberapa asumsi dalam APBN 2016 yang akan mengalami penyesuaian, namun ia enggan menyebutkan secara spesifik.

 

"Barangkali APBN pun perlu dilihat-lihat kembali apakah cukup reasonable atau tidak, karena kelihatannya mungkin juga perlu kita pikirkan ada beberapa adjustment(penyesuaian)," ujar Sofyan. 


Reporter: Didi Kurniawan

Editor: Dani Hamdani 


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI

didi
18-03-2016 16:48