Main Menu

Dana Repatriasi Tercapai Rp 13,4 Triliun, Terlalu Dini Tax Amnesty Gagal?

Januar
06-09-2016 15:03

Layanan pengampunan pajak (ANTARA/Risky Andrianto/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Realisasi dana repatriasi dari kebijakan pengampunan pajak saat ini baru sebesar Rp 13,4 triliun. Jumlah tersebut jauh lebih rendah dibanding target pemerintah yang mematok sebesar Rp 165 triliun. Ekonom Center of Reform on Economics (CoRE), Akhmad Akbar Susamto mengaku tidak optimistis terhadap kebijakan pengampunan pajak tersebut. Ia mengatakan program pengampunan pajak dilakukan tanpa persiapan matang sejak awal.

"Dari awal sudah muncul kesimpangsiuran luar biasa. Pemerintah dari awal tidak menjelaskan secara jelas berapa target yang ingin dicapai dan detail pelaksanaannya seperti apa. Saya kok yakin tax amnesty tidak seperti yang diharapkan," Akbar saat dijumpai di Jakarta, Selasa (6/9). Selain itu, Akbar juga menambahkan hukuman dari pengampunan pajak bagi para pengemplang juga tidak tegas. Sehingga kondisi tersebut tidak menimbulkan kepatuhan bagi pengemplang. "Kenapa (pengampunan pajak) gagal karena pemerintah tidak kredibel memberi hukuman," kata Akbar.

Pemerintah memberlakukan kebijakan pengampunan pajak hingga 31 Maret mendatang. Kebijakan ini dibagi kedalam tiga periode, untuk periode pertama akan berakhir pada September ini.

Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan periode pertama merupakan periode penting dalam kebijakan pengampunan pajak. Sehingga, keberhasilan pengampunan pajak dapat dilihat dari periode pertama. "Keberhasilan TA (tax amnesty) bisa dilihat dari 3 bulan pertama. Kami ingin lihat hingga akhir bulan ini, baru kami bisa bicara kedepannya," kata Kunta saat dijumpai di Jakarta.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak, laporan mutakhir saat ini dilihat dari komposisi harta, deklarasi dalam negeri mencapai Rp 183 triliun. Kemudian, deklarasi dalam negeri mencapai Rp 37,2 triliun.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur Hidayat

Januar
06-09-2016 15:03