Main Menu

Ini Surat Sri Mulyani Buat Seluruh Pegawai Departemen Keuangan

Andya Dhyaksa
23-11-2016 09:07

Menteri Keuangan Sri Mulyani (GATRAnews/Handika Rizki R/HR02)

Jakarta, GATRAnews - November mungkin menjadi bulan yang mengejutkan bagi Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pasalnya, di bulan ini, dua anak buah Sri di bawah gugusan Kementerian Keuangan, tertangkap tangan oleh aparat penegak hukum. Pertama, pada pertengahan November, seorang petugas Bea dan Cukai di Semarang, Jawa Tengah, berinisial JH ditangkap Bareskrim Mabes Polri, karena diduga menjalani praktik pungli pengurusan dokumen Ekspedisi Muatan Kapal Laut.

 

Terakhir, pada Senin lalu, giliran Handang Soekarno, Kasubdit Bukti Permulaan Direktorat Penegakan Hukum Ditjen Pajak, yang dicokok KPK karena berkongkalikong dengan pihak swasta memanipulasi pajak Rp 78 milyar. Dua kejadian itu sangat mengecewakannya. Buktinya, ia pun sampai harus mendatangi acara jumpa pers di KPK Selasa lalu untuk meyakinkan masyarakat bahwa institusinya juga dicederai dengan aksi Handang.

 

Terakhir, ia membuat sebuah surat dalam buku catatannya yang ditujukan kepada semua pegawai Kemenkeu dan disebarkan di media sosial. “Saya, dan kita semua yang memiliki komitmen untuk menjalankan tugas dan amanah mengelola keuangan negara dengan penuh integritas, kejujuran...pasti merasakan kekecewaan mendalam,” tulis Sri dalam sebuah paragraf.

 

Meski kecewa, Sri meminta bawahannya untuk terus bekerja dengan lebih baik dan bekerja keras dengan penuh integritas. Dengan cara itu, ia yakin insitusinya dapat membersihkan Kemenkeu dari oknum-oknum yang telah mencoreng Kementerian. “Kita bersama-sama akan meneruskan reformasi birokrasi dan transformasi kelembagaan agar Kemenkeu menjadi institusi uang bersih, profesional, kompeten dan bermartabat serta kredibel,” tulisanya.

 

Berikut adalah pesan utuh Sri Mulyani:

 

Seluruh jajaran dan staf Kementerian Keuangan yang saya cintai dan banggakan.

 

Hari ini kita semua telah dikecewakan dengan kejadian penangkapan seorang Kepala Subdit di Direktorat Pajak oleh KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jakarta.

 

Sebelumnya kita juga mendapat berita penangkapan aparat Bea Cukai oleh Kepolisian RI di Semarang.

 

Saya, dan kita semua yang memiliki komitmen untuk menjalankan tugas dan amanah menjaga dan mengelola keuangan negara dengan penuh integritas, kejujuran, profesional dan dedikasi tinggi pasti merasakan kekecewaan mendalam atas tindakan mereka yang mengkhianati nilai-nilai baik dan prinsip integritas yang kita jaga.

 

Kekecewaan kita harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi. Kita akan bersama-sama membersihkan Kementerian Keuangan dari oknum-oknum yang telah mencoreng nama baik dan reputasi institusi kita.

  

Kita bersama-sama akan meneruskan reformasi dan transformasi kelembagaan agar Kementerian Keuangan menjadi institusi uang bersih, profesional, kompeten dan bermartabat serta kredibel dan dipercaya.

 

Besok pagi kita akan tetap berdiri tegar, menatap dengan percaya diri, bahwa kita mampu membangun Kementerian Keuangan yang dapat dipercaya dan dibanggakan oleh rakyat dan bangsa Indonesia.

 

Karena saya percaya bahwa sebagian sangat besar jajatan dan pegawai Kemenkeu adalah mereka yang jujur dan berintegritas tinggi. Mereka yang tidak lelah mencintai Indonesia dengan terus setia berbuat baik dengan membangun negara kita menjadi negara yang maju, adil, makmur dan bermartabat.

 

Kita bersama-sama mampu melawan korupsi!

 

Sri Mulyani Indrawati


Penulis: Andya Dhyaksa

editor: Dani Hamdani

 

Andya Dhyaksa
23-11-2016 09:07