Main Menu

Indonesia Jadi Percontohan Model Kelautan dan Perikanan Dunia

Arif Prasetyo
16-02-2017 17:35

Jakarta, GATRAnews -Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Nilanto Perbowo mengatakan, Indonesia menjadi model bidang kelautan dan perikanan dunia.


“Mereka (Uni Eropa dan Amerika Serikat) tahu bahwa Indonesia serius dalam memerangi ilegal fishing, penggunaan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan serta cara budidaya ikan yang juga tidak menggunakan bahan obat-obatan yang dilarang,” ujar  Nilanto Perbowo, di KKP Jakarta, Kamis (16/2).

Dalam pertemuan acara Forum Investasi dan Bisnis di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), antara Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat, kedua negara sepakat memperkuat kerja sama regional dalam mempromosikan sektor kelautan dan perikanan berkelanjutan di berbagai ekosistem laut nusantara.

"Kami memiliki tantangan di bidang kelautan yang serupa secara bersama sehingga diperlukan solusi bersama," kata Duta Besar AS untuk RI, Joseph Donovan.

Menurut Donovan, Indonesia memiliki peran yang penting dalam dunia kemaritiman global, dan pihaknya juga mendukung pemerintahan RI dalam rangka melestarikan keanekaragaman ekosistem lautnya yang unik dan sangat indah.

Pihaknya juga memiliki program kemitraan regional baru yang berguna antara lain memperkuat pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal, mempromosikan perikanan yang berkelanjutan, dan melestarikan keanekaragaman hayati laut di wilayah Asia-Pasifik.

Program yang dinamakan "The Oceans and Fisheries Partnership" merupakan kemitraan antara Lembaga Pembangunan Internasional AS (USAID) dengan Pusat Pembangunan Perikanan Asia Tenggara (SEAFDEC).


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
16-02-2017 17:35