Main Menu

KKP dan BSN Teken Perjanjian Mutu Perikanan Budidaya

Arif Prasetyo
03-04-2017 14:04

Jakarta, GATRAnews - Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan kerja sama standard mutu dengan Komite Akreditasi Nasional (KAN). Tujuannya adalah agar produk perikanan memiliki standar mutu yang bisa diterima di pasar lokal maupun internasional. 


Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto mengatakan, persaingan dengan negara produsen perikanan budidaya mengharuskan pemerintah untuk peningkatan produksi ikan budidaya dengan memperhatikan persyaratan pembeli.

“Adanya standard nasional Indonesia (SNI) memberikan manfaat dalam meningkatkan daya saing di pasar global, untuk keamanan pangan, menjamin keberlanjutan usaha di bidang perikanan budidaya,” jelas Slamet dalam pesan tertulis, di Jakarta, Senin (3/4).

Selama ini DJPB bersama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menghasilkan sejumlah SNI, di antaranya SNI benih 98 buah, SNI tentang cara pembuatan pakan ikan yang baik (CPPIB) 32 buah, 1 SNI cara pembenihan ikan yang baik (CPIB), SNI pembesaran ikan sejumlah 89 buah, dan 5 SNI komoditas udang ikan air tawar Karamba Jaring Apung serta SNI untuk metode uji sebanyak 62 buah.

“Untuk tahun ini sedang direncanakan SNI wajib bagi benih dan pakan, dan nantinya berbagai jenis sertifikasi bidang perikanan budidaya akan diintegrasikan menjadi satu sertifikasi yaitu Indo GAP  (Indonesian Good Aquaculture Practices) yang merupakan suatu bentuk sertifikasi dan SNI yang dikenal dan akan menjadi trademark Indonesia” tambah Slamet.

Indo GAP merupakan persyaratan kegiatan budidaya ikan yang menjamin keamanan pangan, mutu produk perikanan budidaya secara kontinyu, serta keberlanjutan kegiatan usaha perikanan budidaya yang ramah lingkungan.

Indo GAP tidak hanya sebagai standar produk perikanan budidaya yang beredar di Indonesia tetapi merupakan persyaratan dalam meningkatkan daya saing produk perikanan Indonesia di pasar lokal, maupun global.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
03-04-2017 14:04