Main Menu

OJK: Akan Keluarkan Kebijakan Relaksasi Perbankan di Bali

Aulia Putri Pandamsari
26-12-2017 18:46

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso (Antara/Hafidz Mubarak/FT)

Bali, Gatra.com. Otoritas Jasa Keuangan(OJK) mengatakan bahwa dalam waktu dekat akan mengeluarkan kebijakan relaksasi bidang keuangan dan perbankan di wilayah Bali. Hal ini dilakukan terkait dengan dampak dari letusan Gunung Agung.

“OJK antisipasi hal ini dengan kebijakan yang terukur menjaga ekonomi Bali agar kondusif terutama karena ketergantungan dari sektor pariwisata.” jelas Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso di dalam rilisnya saat kunjungan ke Bali, Selasa(26/12).

OJK sendiri sebenarnya sudah memiliki aturan dalam menyikapi dampak atas kondisi daerah yang terkena bencana alam. Namun, OJK akan mengantisipasi dampak lanjutan, melihat banyaknya debitur yang tidak bisa kembali berusaha termasuk dengan adanya travel warning, yang berdampak pada jumlah wisatawan Bali yang berkurang.

Seperti yang dilaporkan oleh Pengurus Himpunan dan Restoran Indonesia, terjadi penurunan okupansi hotel sebesar 20%, dan siklus wisatawan bulan Januari hingga Maret memasuki masa low season.

Dalam pertemuan antara Ketua Dewan Komisioner OJK dengan warga, debitur, dan pengusaha di wilayah Kabupaten Karangasem, Bali  hari ini banyak harapan yang disampaikan oleh debitur terkait keringanan pinjaman pokok dan bunga.

Dalam laporan terakhir, perbankan di Bali seperti disampaikan Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Bank Mantap, dan Perbarindo telah melaporkan bahwa kondisi NPL selama 3 bulan terjaga, namun terhadap debitur yang terkena dampak langsung, beberapa bank telah melakukan restrukturisasi yang telah diatur dalam aturan internal bank maupun aturan OJK.

Bantuan senilai Rp 1 milyar yang berasal dari OJK, Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN pun diserahkan pada kesempatan yang sama hari ini.

“Semoga ini dapat meringankan warga Karangaset yang masih harus bersabar mengingat masih belum tahu kapan musibah akan berakhir.” tutur Wimboh.


Reporter: APP
Editor: Nur Hidayat 

Aulia Putri Pandamsari
26-12-2017 18:46