Main Menu

OJK Terbitkan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia Baru

Aulia Putri Pandamsari
27-12-2017 21:34

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso (tengah) bersama jajaran komisoner (Dok. OJK/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Otoritas Jasa Keuangan(OJK) akan mengeluarkan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNKLI) yang merupakan penyesuaian dari SNKLI yang dibuat pada 2013 lalu. SNKLI ini akan menjadi pedoman bagi OJK, serta Lembaga Jasa Keuangan lainnya dan efektif berlaku pada 28 Desember mendatang. "SNKLI atau Revisit 2017 ini merupakan peninjauan kembali melalui analisis dan evaluasi terhadap perkembangan Literasi dan Inklusi Keuangan serta mengakselerasi pencapaian indeks dalam konteks tersebut." ujar Ketua Dewan Komisoner OJK, Wimboh Santoso dalam rilisnya, Rabu (27/12).

Salah satu yang dipertimbangkan dalam penyesuaian ini adalah dengan melihat pada hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2016 yang menunjukkan bahwa 96,7% masyarakat Indonesia telah memiliki tujuan keuangan, namun 69% di antaranya merupakan tujuan dalam jangka pendek untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. "Sementara tujuan jangka panjang, seperti biaya pendidikan hanya sebesar 12,6% dan persiapan di hari tua hanya sebesar 6,3%. Oleh karena itu, salah satu strategi saat ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap keuangan jangka panjang," kata Wimboh.

Penyesuaian yang dilakukan adalah, yang pertama adalah pada bagian kerangka dasar, yang diubah dari Edukasi dan Kampanya Nasional Literasi Keuangan, Penguatan Infrastruktur Literasi Keuangan, dan Pengembangan Prdouk dan Jasa Keuangan menjadi Cakap Keuangan, Sikap dan Perilaku Keuangan Bijak, serta Akses Keuangan.

Sementara itu, di bagian Sasaran pada SNKLI(Revisit 2017) mengubah enam sasaran prioritas menjadi sepuluh sasaran prioritas dengan empat penambahan sasaran baru Perubahan tersebut menjadi ibu rumah tangga menjadi perempuan, UMKM, Pelajar/Mahasiswa dan Pemuda, Profesi, Karyawan, Pensiunan, Penyandang Disabilitas, TKI dan Calon TKI, Petani dan Nelayan, serta masyarakat daerah tertingal, terpencil.

Pada SNKLI yang terbit tahun ini, tema prioritas akan ditentukan oleh OJK yang akan berkolaborasi dengan Lembaga Jasa Keuangan  di setiap akhir tahun. Sementara pada strategi sebelumnya, tema prioritas telah ditentukan sedari awal tiap tahunnya.


Reporter: APP
Editor: Nur Hidayat

Aulia Putri Pandamsari
27-12-2017 21:34