Main Menu

Tahun Ini Kemenhub Targetkan 116 Juta Penumpang Pesawat

Fahrio Rizaldi A.
16-01-2018 14:11

Ilustrasi. (Shutterstock/AK9)

Jakarta, Gatra.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan jumlah penumpang pesawat pada tahun 2018 mencapai 116.654.624 orang. Untuk merealisasi target tersebut, Kemenhub akan menambah frekuensi penerbangan dan membuka rute baru di beberapa wilayah Indonesia, juga tujuan internasional.


"Untuk memastikan rute baru berjalan selamat, aman, nyaman, dan lancar, kami telah melakukan pengecekan," kata Direktur Perhubungan Udara, Agus Santoso, dalam keterangan tertulis, Selasa (16/1).

Pengecekan tersebut dilakukan melalui Direktorat Kelaikudaraan dan Pengeoperasian Pesawat Udara (KPPU), bersama Direktorat Navigasi Penerbangan, dan Direktorat Angkutan Udara.

Mekanisme pengecekan, kata Agus, dilakukan kepada maskapai penerbangan, bandara yang akan dipakai, termasuk jalur udara, dan navigasi penerbangan. Skema ini akan terus dilakukan secara berkala mulai sebelum hingga pasca penerbangan berlangsung.

Mengenai rincian target penumpang udara tahun ini, lanjut Agus, Ditjen Perhubungan Udara memiliki dua kategori yaitu penumpang domestik sebanyak 97.831.297 penumpang atau naik 3,28% dari tahun 2017. Sedangkan untuk penumpang internasional, ditargetkan sebanyak 12.823.327 penumpang, atau naik 3.33% dari tahun lalu.

Transportasi udara, kata Agus, tengah menjadi tren pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Moda transportasi ini juga membantu menjangkau daerah terpencil. Maka dari itu, target peningkatan penumpang ini sejalan dengan pembangunan bandara di berbagai wilayah di Indonesia.

"Perkembangan perekonomian di daerah sangat penting untuk menunjang perekonomian nasional. Adanya transportasi akan memudahkan perkembangan perekonomian lebih merata," tandas Agus.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Iwan Sutiawan

Fahrio Rizaldi A.
16-01-2018 14:11