Main Menu

Jokowi: Kondisi Ekonomi RI Baik Tetapi Kenapa Sulit Lari Kencang?

Ervan
18-01-2018 21:25

Sambutan Presiden Joko Widodo pada pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2018 (Antara/Galih Pradipta/yus4)

Jakarta, Gatra.com- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar pertemuan tahunan industri jasa keuangan (PITJK) 2018 di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Pacific Place Jakarta, Kamis (18/1) malam. 

 

Presiden Joko Widodo yang hadir membuka acara tahunan tersebut mengatakan bahwa kondisi ekonomi Indonesia saat ini sangat baik

"Sudah sering saya sampaikan stabilitas moneter kita bagus, fiskal kita juga baik artinya pengelolaan APBN kita baik, defisit APBN bisa ditekan. Kemudian IHSG kita sangat membaik, surplus neraca perdagangan juga membaik," kata Presiden

Presiden Jokowi juga mengungkapkan capaian lainnya seperti peringkat investasi (investment grade), peringkat kemudahan berusaha (EODB) dan peringkat utang yang semakin membaik di mata dunia. Ibarat tubuh manusia, organ fisik Indonesia sangat sehat.

"Saya sering mengumpamakan jadi kita ini kalau orang, kolesterolnya baik, asam urat tak ada, jantung baik, liver baik, ginjalnya baik," katanya.

Namun Presiden masih bertanya- tanya karena mengapa ekonomi Indonesia belum bisa berlari kencang. Ternyata, menurutnya, masih banyak masalah yang perlu dibenahi agar Indonesia bisa menjadi negara maju. 

"Tapi kenapa ini tak bisa lari cepat? Ternyata setelah dikejar secara detil, masih banyak masalah di lapangan," katanya.

Presiden Jokowi juga percaya dengan kondisi ekonomi yang baik tersebut bisa dijadikan modal untuk tetap optimistis. 

"Tapi jangan sampai optimisme itu hilang gara-gara isu yang bertebaran di media sosial," katanya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Anthony Djafar

Ervan
18-01-2018 21:25