Main Menu

Agus Marto: Perlu Reformasi Struktural Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Hendry Roris P. Sianturi
05-02-2018 20:25

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (GATRA/Adi Wijaya/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Pertumbuhan ekonomi nasional pada 2017 sebesar 5,07%, masih di bawah target APBN Perubahan 2017 sebesar 5,2 persen. Menurut Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi ke depan, pemerintah harus melakukan reformasi struktural di bidang Sumber Daya Manusia, inovasi dan membangun kelembagaan.

"Memang harus meningkatkan reformasi struktural kita, khususnya di bidang pengembangan sumber daya manusia, inovasi dan membangun kelembagaan. Itu melengkapi pembangunan infrastruktur yang ada. Dengan begitu kita akan melihat kedepan pertumbuhan ekomomi yang lebih tinggi," katanya di komplek Istana Negara, (05/02).

Agus mengatakan pertumbuhan ekonomi 2017 masih lebih baik dari periode 2014 sebesar 5,01%, periode 2015 sebesar 4,88% dan periode 2016 sebesar 5,03%. "Setahunnya itu 5,07%. Kita menyambut baik bahwa peran daripada ekspor itu baik dan investasi. Kalau terkait dengan konsumsi saya memang belum lihat spesifik, tapi yang secara umum kelihatannya berperan tinggi adalah di area ekspor dan investasi," katanya.

Meskipun konsumsi rumah tangga hanya tumbuh 4,95%, Agus menilai pertumbuhan kuartal IV melebihi prediksi Bank Indonesia. "Jadi (pertumbuhan konsumsi rumah tangga) belum lebih daripada 5%. Tapi bahwa kita bisa mencapai 5,19% di kuartal IV, itu adalah satu capaian yang cukup baik. Lebih tinggi dari prediksi kami. Karena kami perkirakan itu, ada di kisaran 5,11%," katanya.

Menurut Agus, Pemerintah juga perlu memperbaiki kemudahan berbisnis dan iklim investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. "Dan bagaimana upaya pemerintah memberikan prioritas pada infrastruktur. Ini semua akan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan, lebih kuat dan sustainable," katanya.


Reporter : Hendry Roris Sianturi

Editor : Sandika Prihatnala

Hendry Roris P. Sianturi
05-02-2018 20:25