Main Menu

Tahun 2018, BKP Fokus Berantas Kemiskinan Lewat Program Padat Karya

Fahrio Rizaldi A.
12-02-2018 12:57

Kepala BKP, Agung Hendriadi(Dok. BKP.Pertanian/re1)

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) telah merancang program pemberdayaan masyarakat untuk tahun ini. Sepanjang tahun 2018, BKP akan memfokuskan pengentasan kemiskinan melalui program padat karya.


Hal ini disampaikan oleh Kepala BKP, Agung Hendriadi saat meninjau program BKP di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Program padat karya untuk pengentasan kemiskinan dilakukan di seribu desa 100 kabupaten dan kota," kata Agung dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com, Senin (12/2).

Upaya ini mencakup pengentasan rentan rawan pangan, gerakan diversifikasi pangan, distribusi, juga pengendalian harga dan mutu keamanan pangan. BKP juga akan melakukan analisis kajian dan kebijakan tentang pangan.

Menurut Agung, program ini akan melanjutkan beberapa kegiatan reguler, seperti penyediaan informasi harga pangan dari tingkat kabupaten hingga kecamatan, pelaksanaan serap gabah (segab) petani bersama TNI, dan Bulog khususnya di 17 provinsi sentra produksi padi.

"Kita harus berjuang bersama, teman-teman lain sudah berjuang melaporkan Luas Tambah Tanam (LTT) padi, mari kita bantu mereka dengan mengirimkan data perkembangan harga gabah dan beras di tingkat petani," tandasnya.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Arief Prasetyo

Fahrio Rizaldi A.
12-02-2018 12:57