Main Menu

BKP: Program Sergab Untuk Menjamin Penyerapan Gabah Petani

Fahrio Rizaldi A.
12-02-2018 23:09

Petani memanen padi. (GATRA /Ridlo Susanto /FT02)

Jakarta, Gatra.com - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menggelar program Serap Gabah Petani (Sergab).


Kepala BKP, Agung Hendriadi mengatakan, Sergab akan terus digelar untuk membantu mensejahterakan petani.

"Tidak boleh petani yang sudah bekerja keras merugi. Pemerintah turun tangan membeli gabah petani, agar petani mendapatkan keuntungan," jelas Agung, dalam keterangan tertulis, Senin (12/2).

Selain itu, kata Agung, sergab juga berfungsi meningkatkan cadangan pangan pemerintah. Hasil Sergab akan diserap oleh Bulog. "Bulog segera menyerap gabah petani. Diharapkan sampai Juni 2018 mendatang, target sebesar 2,2 juta ton bisa tercapai," ungkapnya.

Program ini juga melibatkan instansi lain. Kementan menggandeng pihak TNI, dan perbankan, dalam hal ini BRI untuk menyerap gabah petani. Saat ini, menurut Agung, sedang memasuki panen raya.

Melimpahnya panen gabah cenderung membuat harga di sejumlah wilayah anjlok. Jika penyerapan tidak segera dilakukan Bulog, maka dipastikan petani akan merugi.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan Taufik Gunawan mengatakan, adanya sergab akan sangat membantu petani.

"Kegiatan sergab ini sangat penting, apalagi di beberapa daerah harga gabah di tingkat petani mulai mengalami penurunan, bahkan ada yang sudah mencapai Rp4.200 per kilo gram," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Aster Kasad, Brigjen Dudung Abdurachman menegaskan kepada jajarannya, agar apa yang ditugaskan harus segera dilaksanakan, apalagi menjelang panen raya pada Februari hingga April mendatang.

"Saat ini Dandim harus mengetahui dan dapat memetakan daerah-daerah mana saja petani yang akan panen dan berapa  jumlahnya. Semua harus siap," tandasnya.

Target harian Sergab di Sumatera Selatan mencapai 7.500 ton per hari yang tersebar di 17 kabupaten/ kota. Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Sergab se-Sumatera Selatan yang digelar BKP, juga dihadiri oleh TNI AD, BRI, dan Divre Bulog.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Arief Prasetyo

Fahrio Rizaldi A.
12-02-2018 23:09