Main Menu

Cadangan Devisa Februari Sedikit Turun Dibanding Januari

Flora Librayanti BR K
08-03-2018 00:53

Petugas sedang menata uang rupiah dan dolar (Antara/Sigid Kurniawan/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Posisi cadangan devisa Indonesia akhir Februari 2018 tercatat sebesar US$ 128,06 milyar. Angka ini masih cukup tinggi meskipun lebih rendah dibandingkan dengan posisi akhir Januari 2018 yang sebesar US$ 131,98 milyar. 

 

Posisi cadangan devisa tersebut cukup untuk membiayai 8,1 bulan impor atau 7,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Jumlah ini masih berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. 

 

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” sebut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman.

 

Penurunan cadangan devisa pada Februari 2018 tersebut terutama dipengaruhi oleh penggunaan devisa untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan stabilisasi nilai tukar rupiah. Di samping itu, penurunan cadangan devisa juga dipengaruhi menurunnya penempatan valas perbankan di BI sejalan dengan kebutuhan pembayaran kewajiban valas penduduk. 

 

Kedepannya, BI memandang cadangan devisa tetap memadai untuk mendukung ketahanan eksternal seiring dengan kuatnya prospek perekonomian domestik dan kinerja ekspor yang positif. Selain itu, akan terdapat tambahan devisa dari hasil penerbitan sukuk global pemerintah sebesar US$ 3,00 milyar pada Maret 2018. 

 

“Bank Indonesia akan menjaga kecukupan cadangan devisa guna mendukung stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” sebut Agusman.


 

Editor : Flora L.Y. Barus

 

Flora Librayanti BR K
08-03-2018 00:53