Main Menu

Modalku Berhasil Salurkan Pinjaman Rp 2 Trilyun di Asia Tenggara

Arif Prasetyo
14-08-2018 17:08

Modalku salurkan kredit UMKM. (GATRA/Arif Prasetyo/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Modalku, penyedia layanan jasa keuangan pinjam meminjam langsung berbasis teknologi atau financial technology (fintech) lending yang dimiliki PT Mitrausaha Indonesia Grup, telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 2,1 trilyun. Pinjaman ini disalurkan kepada 7.000 peminjam di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia, Singapura dan Malaysia.


Head of Micro Business Modalku Sigit Aryo Tejo mengatakan, ini membuktikan komitmen kami untuk mendukung UMKM diAsia Tenggara dan khususnya di Indonesia. Pencapaian itu bentuk prestasi Modalku. Dari total pencairan Rp 2,1 triliun, Modalku salurkan pinjaman sebesar Rp 1,1 triliun bagi UMKM di Indonesia.

“Grup Modalku telah menjangkau lebih banyak UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara selama 2018. Untuk merangkul lebih banyak UMKM, Modalku menyediakan berbagai solusi arus kas melalui proses trade finance,” ujar Sigit di Jakarta, Selasa (14/8).

Dari total penyaluran sebesar Rp 2,1 trilyun, sekitar Rp 1,6 trilyun sudah dibayar lunas debitur dengan tingkat rasio kredit bermasalah (NPL) 1,10%.

Chief Executive Officer (CEO) Modalku Reynold Wijaya mengatakan, pembiayaan di enam bulan berikutnya diharapkan bisa melebihi yang ada sekarang. Jika menilik Indonesia merupakan pasar yang potensial dan banyaknya pemintaan yang belum terpenuhi maka kami akan fokus pada pendalaman pasar yang ada di wilayah kota besar di Tanah Air.

Diketahui, sejak berdiri Modalku telah meraih Pendanaan Seri A dan Seri B terbesar bagi platform P2P lending di Asia Tenggara, masing-masing sebesar Rp 100 milyar dan Rp 350 milyar. Pendanaan Seri B Modalku, yang diumumkan April 2018, didukung oleh SoftBank Ventures Korea, Sequoia India, Alpha JWC Ventures Indonesia, serta Golden Gate Ventures.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
14-08-2018 17:08