Main Menu

BNI Belum Berencana Naikkan Suku Bunga

didi
28-08-2018 20:11

Ilustrasi.(Shutterstock/re1)

Jakarta, Gatra.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) belum berencana menaikkan suku bunga pinjaman maupun simpanannya meski hingga Agustus 2018, Bank Indonesia (BI) telah menaikkan suku bunga acuannya hingga 125 basis poin (bps) ke level 5,5%.

 

Direktur Manajemen Risiko BNI Bob Tyasika Ananta mengatakan, pihaknya memiliki beberapa pertimbangan untuk menahan kenaikan suku bunga.

Menurut dia, dengan adanya kenaikan suku bunga acuan BI, tidak berarti BNI juga harus ikut melakukan penyesuaian. “Apalagi saat ini beberapa bank yang sudah menaikkan suku bunga bukanlah pesaing dari perseroan," katanya. 

Menurut Bob, ada beberapa konsekuensi yang harus dihitung bila memang perbankan harus menaikkan suku bunga. Dan salh satunya bisa berdampak ke konsumen "Kalau suku bunga naik, kan yang kena HPP mereka, nah dia harus memikirkan efisiensi yang dilakukan,” ujarnya di Jakarta, Selasa (28/8).

Ia menuturkan, meskipun ada imbauan dari BI agar perbankan turut menaikkan suku bunga, namun pihaknya melihat hal tersebut lebih tepat terbentuk dari mekanisme pasar.

Artinya, kenaikan suku bunga perbankan bukan satu hal yang bisa didikte oleh pihak-pihak tertentu. “Itu kan imbauan, tapi mekanisme pasar enggak bisa didikte. Kalau di-drive gitu kan tidak bisa,” tegasnya.


Reporter : Didi Kurniawan
Editor : Mukhlison

didi
28-08-2018 20:11