Main Menu

Impor Beras, Indonesia Jajaki MoU dengan India dan Pakistan

Januar
06-01-2016 13:10

Menteri Perdagangan Thomas Lembong (ANTARA/Yudhi Mahatma)

Jakarta, GATRAnews - Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengatakan pemerintah saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan India dan Pakistan sebagai sumber impor beras ke Indonesia. Kerja sama tersebut diejawantahkan dalam penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

 

 

‎"Sedang tanda tangan MoU dengan pemerintah India dengan Pakistan, bentuknya government to government (GtoG). Bulog lagi pelajari detail-detail teknis stok beras yang ada di Pakistan," kata Lembong, ditemui di Kantor Pusat Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Rabu (6/1).

 

Lembong menjelaskan kedua negara tersebut merupakan produsen beras terbesar di dunia. Ia mencontohkan India yang merupakan negara eksportir terbesar dengan nilai mencapai US$ 3-4 miliar.

 

"Kami juga mendorong tanda tangan MoU dengan India. India eksportir terbesar beberapa tahun ini. Mereka ekspor US$3-4 miliar per tahun untuk beras putih," kata Lembong.

 

Untuk volume beras tersebut, Lembong belum dapat menjelaskannya. "Kita belum bisa katakan. Masih dalam proses tawar menawar dengan pakistan dan India," kata Lembong.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
06-01-2016 13:10