Main Menu

Menko Rizal Tuding Operasi Pasar Bulog Justru Bikin Harga Mahal

Januar
22-01-2016 10:52

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli (Gatra/Rifki M. Irsyad)

Jakarta, GATRAnews - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli menilai operasi pasar yang dilakukan Perum Badan Urusan Logistik untuk menekan harga pangan tidak berhasil. Operasi pasar tersebut justru menyebabkan harga barang semakin meningkat.

Rizal mengatakan Bulog dalam operasi pasarnya banyak diserap pedagang-pedagang besar. Hal ini membuat pedagang besar tersebut semakin mudah dalam menentukan harga pangan. “Pedagang besar itu sudah punya market power. Ditambah lagi bantuan dari Bulog, maka makin gampang mereka (pedagang besar) menentukan harga,” kata Rizal saat dijumpai usai memimpin rapat koordinasi ketahanan pangan di kantornya, Kamis (21/1) lalu.

Ia menambahkan seharusnya Bulog mengutamakan pedagang menengah untuk menyerap produk pangan dalam operasi pasarnya. "Bulog kami minta saat intervensi pasar itu berikan ke pedagang menengah agar kompetitif. Jangan berikan ke pedagang pasar Cipinang," kata Rizal.

Selain itu, Rizal menambahkan margin yang diambil para pedagang jauh lebih besar dibanding margin petani. Hal ini menyebabkan harga barang di pasaran jauh lebih mahal. Ia meminta kepada kementerian dan lembaga untuk ketat mengawasi hal tersebut.

Menurutnya, petani seharusnya mendapatkan margin lebih besar karena harus memproduksi lagi. "Kami minta Kementan, Kemendag dan KPPU agar menunjukkan bahwa sistem perdagangan itu tidak kompetitif, atau setengah oligopolistik," katanya.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Nur Hidayat


Klik www.gatra.com/telkomsel untuk daftar online kartuHalo Telkomsel tanpa harus datang ke kantor GraPARI

Januar
22-01-2016 10:52