Main Menu

Pertamina: Wajar, Jika Jual Beli BBM di Papua Dibulatkan Harganya

Nur Hidayat
19-10-2016 19:38

APMS Silfo Karya Yalimo menjual BBM per liter masih dengan cara sederhana (GATRAnews/Katharina Lita)

Jayapura, GATRAnews - Presiden Joko Widodo telah mencanangkan Papua Satu Harga BBM untuk wilayah Papua dan Papua Barat, yakni untuk harga premium Rp 6.450 per liternya. Namun, PT Pertamina mengaku wajar jika harga jual-beli BBM di masyarakat naik menjadi Rp 7000 atau Rp 8000 per liternya.

"Kami masih toleran jika harga BBM di Papua naik sampai harga tersebut," kata Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto dalam kunjungannya saat pencangan Papua satu harga BBM di Kabupaten Yahukimo.

Untuk mengawasi harga jual-beli BBM di masyarakat, Pertamina akan bekerjasama dengan pemerintah setempat, polda dan TNI serta masyarakat untuk tetap mengawasi penyalurannya dan harga jual beli di pasaran.

Salah satu pemilik APMS Silfo Karya Yalimo, Irib Dabi menyebutkan walaupun harga jual BBM di Yalimo sama dengan harga nasional Rp 6.450 per liternya, tetapi karena sulitnya uang pecahan di Papua, sehingga harga tersebut dibulatkan menjadi Rp 7000 per liternya.

"Masyarakat juga sudah paham akan hal ini. Pecahan paling kecil di Papua, apalagi di pegunungan tengah Papua kan Rp 5000 dan kami kesulitan jika harus mengembalikan pecahan Rp 500 atau Rp 1000 ke pembeli," ujarnya.


Reporter: Katharina Lita

Editor: Nur Hidayat

Nur Hidayat
19-10-2016 19:38