Main Menu

Harga Bawang Putih di Purwokerto Tertinggi di Jateng

Rosyid
10-06-2017 13:53

Bawang Putih kualitas super (kathing) melejit hingga Rp80 ribu per kilogram di sejumlah pasar tradisional Purwokerto, Jawa Tengah. (GATRAnews/Ridlo Susanto/AK9)

Purwokerto, GATRAnews – Pekan ini harga bawang putih kathing (super) di pasar tradisional di Purwokerto melejit hingga Rp80 ribu per kilogram.  Padahal, tiga pekan terakhir bawang putih stabil di harga Rp45-an ribu setelah sempat naik hingga Rp60 ribu per kilogram. Kenaikan hingga Rp80 ribu itu tercapai Kamis (8/6) kemarin.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas, Wahyu Adhi Febrianto menuturkan, tingginya harga bawang putih di Kabupaten Banyumas sekarang, menjadi harga tertinggi dibandingkan dengan kabupaten lainnya di Provinsi Jawa Tengah.

"Rata-rata harga Bawang Putih di kabupaten lain yang ada di Jawa Tengah ada di kisaran Rp 55 ribu sampai Rp 62 ribu per kilogram," tutur Wahyu.

Penjual sayur dan bumbu dapur di Pasar Wage Purwokerto, Roiah mengatakan  harga telah ditentukan tengkulak atau pemasok sehingga pengecer hanya bisa mengikuti harga yang telah berlalu dari pemasoknya. Para pedagang pun tidak dapat protes lantaran hanya meneruskan berjualan dengan harga yang tinggi.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga menjelang Lebaran tahun ini, Dinperidag Banyumas akan melakukan pemantauan pasar bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk pantauan beras, Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkannak) untuk pantauan daging glondongan, Dinas kesehatan (Dinkes), Polres Satgas Pangan, dan juga dari Dinperindag kabupaten Banyumas.

"Kalau bisa dipantau setiap bulan, setidaknya haga-harga bisa terkendali. Kalaupun ada kenaikan diprediksi sekitar 10 sampai 25 persen," ujar Wahyu.

Selain itu, juga akan diselenggarakan Pasar Murah di Desa Klinting, Somagede, Banyumas. Dan bersama tim lainnya akan mengatasi pasar tumpah di beberapa pasar tradisional yang ada di Banyumas.




Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid

Rosyid
10-06-2017 13:53