Main Menu

Johana: Optimis Impor Daging Sapi Wagyu Jepang Direspon Pasar

Arif Prasetyo
23-11-2017 13:43

Indonesia Cabut Larangan Impor Daging Sapi Jepang (Foto: Dok. AP)

Jakarta, Gatracom – Indonesia merupakan pasar potensial untuk produk makanan, mengingat jumlah penduduk yang mencapai 258,7 juta.  Belum lagi meningkatnya kelas menengah serta kondisi perekonomian yang stabil.


Inilah alasan PT Global Pratama Wijaya, distributor dan importir daging sapi Wagyu menjajal pasar Tanah Air. Importir yang sudah tujuh tahun mendatangkan daging sapi premium ini bekerja sama dengan Japan External Trade Organization (JETO). Selama ini daging premium Wagyu didominasi dari Australia.


Managing Director PT Global Pratama Wijaya, Johana Koswara mengatakan, kami mencoba dengan mengimpor daging Wagyu langsung dari peternakan di Prefektur Shiga, Jepang. Sebelumnya, Indonesia telah mencabut larangan impor daging sapi Jepang tahun lalu.

“Tahap awal impor kami impor kurang dari 2 ton untuk per enam bulan. Kita coba pasar di Tanah Air, mulai Juli hingga Desember tahun ini. Mudah-mudahan bagus karena kami baru dua bulan impor dari Jepang,” ungkap Johana, di event SIAL Interfood 2017, JIExpo, Jakarta, Rabu (22/11).

Lanjut Johana, pihaknya fokus memasok Omi Hime daging Wagyu ke-10 restoran di Jakarta dan Bandung. Selanjutnya kami akan memasuki pasar Bali. Selama ini permintaan tertinggi masih berasal dari kedua provinsi tersebut.

"Kami berharap tahun depan bisa melipat gandakan impor daging Wagyu jadi 4 ton, setelah dalam masa uji coba kedua," kata dia.

Johana menambahkan, Omi Hime Wagyu telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia, dengan setiap proses pemotongannya. "Saya langsung melihat peternakan mereka di Prefektur Shiga di wilayah Kansai. Melihat bagaimana mereka memperlakukan sapi dan menjaga kebersihan peternakan,” kata Johana.


Sementara, President Japan Wagyu Export Promotion Committee-Japan Livestock Products Export Promotion Council Toshiaki Namba mengatakan, daging Wagyu asli khas Jepang ini memiliki label Japan Beef original yang tidak dapat ditiru.


Wagyu Jepang memiliki tiga karakteristiknya, yakni sapi Wagyu asli dari Jepang tidak pernah mengalami persilangan Sapi dalam perawatannya, tekstur daging yang halus lembut dengan serat otot berair, dan bila dimakan langsung meleleh serta penyajian suhu dagingnya yang lebih rendah hingga sekitar 20-30 derajat.

Diketahui, PT Global Pratama Wijaya, sebelumnya telah mengimpr daging Wagyu dari sapi Australia dan kini beralih mulai mengimpor Wagyu dari Jepang.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
23-11-2017 13:43