Main Menu

Investasi Ini Bisa Jadi Pilihan Generasi Milenial   

Muchammad Egi Fadliansyah
08-12-2017 04:49

Peluncuran buku dan Talkshow "Nabung Saham Sekarang" (M.Egi Fadliansyah/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Penulis buku Ellen May menyebutkan bahwa minat orang Indonesia berinvestasi di pasar saham masih sangat rendah. Data dari Bursa efek Indonesia menyebutkan jumlah investor saham Indonesia kurang dari 1 persen populasi penduduk Indonesia. Jauh dibandingkan investor saham di Malaysia yang mencapai 12 persen dari populasi dan Singapura yang mencapai 30 Persen.

 

Hal itu dikemukakan Ellen di sela-sela peluncuran buku terbarunya "Nabung Saham Sekarang" di toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta (07/12).  Ellen May mengatakan, rendahnya minat masyarakat Indonesia berinvestasi di pasar modal, disebabkan kekhawatiran bahwa investasi ini tidak menguntungkan dan cenderung beresiko. Karena, jika salah strategi, dapat menimbulkan kerugian.

 

Selain itu, berinvestasi di pasar modal dianggap membutuhkan modal yang besar. Hal inilah yang mengakibatkan sebagian minat masyarakat kurang terhadap investasi di bidang saham. Ellen bilang, investasi maupun trading saham merupakan jenis investasi umum yang dapat dipelajari semua orang. 

 

"Investasi saham dapat dipelajari dan dilakukan oleh semua orang, baik pelajar, pengusaha, ibu rumah tangga, maupun guru. Bahkan saya pun bukanlah investor yang berasal dari latar belakang ekonomi,"  ujar May kepada Wartawan. 

 

Menurut Ellen, trading saham merupakan investasi yang sekaligus dapat meningkatkan kualitas hidup secara finansial. Hal itu, disebabkan trading saham tidak membutuhkan modal besar, namun dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat bila investor aktif melakukan proses jual beli saham. 

 

Lebih lanjut, kata Ellen, trading saham dapat menjadi salah satu pilihan tepat bagi generasi milenial yang ingin mendapatkan kebebasan financial sejak dini. "Sebagai kalangan dalam rentang usia produktif, generasi milenial cenderung semangat mempelajari sesuatu," ucapnya. 

 

Ellen mengemukakan, generasi milenial juga identik dengan teknologi dan cukup mudah mengakses informasi. Karena itu, akan menjadi nilai tambah bagi kalangan ini bila berani dan aktif melakukan trading saham. 

 

"Trading saham akan menjadi aktivitas yang menyenangkan dan sekaligus menguntungkan bila kita mempelajari tekniknya serta tidak terburu-buru ingin mendapatkan hasil yang instan. Pelajari tekniknya, serta menikmati prosesnya dan kemudian kita dapat memetik hasilnya, " Ellen menerangkan. 


 

Reporter: MEF

Editor: Hendri Firzani

Muchammad Egi Fadliansyah
08-12-2017 04:49