Main Menu

Munculnya Ritel online Bukan Ancaman Bagi Peritel Modern

Arif Prasetyo
03-05-2018 13:01

Ilustrasi E-commerce. (shutterstock/RT)

Jakarta, Gatra.com – Perilaku demografis konsumen mengalami perubahan yang cepat di era digitalisasi. Ini yang menjadi salah satu faktor utama dalam menentukan lanskap ritel di Asia, di mana populasi penduduk dan urbanisasi membentuk kembali pola berbelanja.


Oleh karena itu peritel berupaya untuk memahami cara mengatasi kebutuhan masyarakat dan menyusutnya pengeluaran rumah tangga. Begitu juga masyarakat melakukan pengurangan anggaran dan cenderung lebih memilih membeli barang kebutuhan yang dibutuhkan.

Demikian riset edisi kedua publikasi tahunan dari Kantar Worldpanel, Asia Brand Power, memfokuskan pada kekuatan peritel Asia, bagaimana respon dan penyesuaian pelaku bisnis dengan perubahan kebutuhan konsumen mampu mendorong dan membentuk kembali pasar fast moving consumer goods (FMCG) di Asia.

General Manager Kantar Worldpanel Indonesia Venu Madhav mengatakan, saluran ritel modern seharusnya berperan sebagai komplemen dari e-commerce atau platform online lainnya.

“Saluran ritel modern seharusnya tidak merasa terancam oleh munculnya ritel online atau melihat ritel online sebagai pesaing. Malah seharusnya, melalui program yang tepat, saluran online dapat menjadi elemen pelengkap bagi toko konvensional untuk menambah nilai bagi pelanggannya,” kata Venu, di Jakarta, Kamis (3/5).

Lanjut Venu, pelaku ritel besar di kawasan Asia melayani lebih dari satu saluran pengiriman untuk merek FMCG, karena pertumbuhan peritel itu didorong oleh kemampuannya dalam mengadaptasi kebutuhan pembeli yang bertransformasi secara cepat dan komitmennya dalam merancang ulang model bisnis mereka demi memenuhi kebutuhan pelanggan.

“Selama bertahun-tahun, perdagangan modern telah mendorong pertumbuhan dengan menyesuaikan diri dan menawarkan lebih dari sekadar menjual produk,” jelas Venu.

Langkah inovasi baru yakni membeli dan menjual produk dalam kemasan sekali pakai dengan ukuran yang lebih kecil menjadi salah satu tren paling penting dalam restorasi lanskap ritel di Asia. Keuntungan dari produk dengan kemasan kecil di antaranya untuk mendorong konsumen dalam bereksperimen, memungkinkan pembeli untuk mencoba produk dan merek baru, selain itu pengeluaran belanja lebih kecil per pembelian.



Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
03-05-2018 13:01