Main Menu

Kejar Investasi 100 Trilyun, Pemprov DKI Resmikan JIC

Abdul Rozak
31-07-2018 17:32

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com - Mengejar target investasi Rp 100 trilyun selama tahun 2018, Pemprov DKI Jakarta meresmikan Jakarta Invesment Center (JIC) yang terletak di Mal Pelayanan Publik. JIC dibentuk berdasarkan pada Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1706 Tahun 2017.

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, JIC akan membuat investor semakin mudah berinvestasi di Jakarta. Target investasi Rp 100 trilyun di 2018 semakin mudah dicapai.

"Adanya JIC membuat calon investor dan investor semakin mudah dalam berinvestasi di Jakarta," ungkap Anies di Mal Pelayanan Publik, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (31/7).

JIC memiliki lima fungsi pokok, seperti wadah pertemuan mengembangkan potensi daerah, peluang investasi dan sektor-sektor unggulan, baik langsung maupun melalui web. Kemudian fasilitator permasalahan penanaman modal dalam merealisasikan investasi di Jakarta.

Selain itu JIC sebagai fasilitator investor yang ingin kerjasama dengan pemda dan badan usaha melalui skema KPDBU. JIC menyediakan jasa konsultasi dengan qualified consultant yang akan mengawal proses investasi dari hulu ke hilir (end to end process).

Jakarta adalah kontributor utama pertumbuhan nasional dengan porsi investasi Jakarta mencapai 39,2% dari PDRB, lebih tinggi dari nasional sebesar 32,1%. Bahkan porsi tersebut juga adalah yang terbesar dibandingkan dengan provinsi lain di Jawa. Kegiatan ekonomi Jakarta mencapai 17% dari Produksi Domestik Bruto (PDB) Nasional.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Edy Junaedi optimis JIC bakal menjawab semua permasalahan investasi ke depan. Pasalnya perekonomian Jakarta ditopang konsumsi dan investasi.

"Perekonomian Jakarta ini ditopang konsumsi dan investasi. Dinamika investasi berdampak pada dinamika pertumbuhan ekonomi," tutup Edy.


Reporter: Abdul Rozak

Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
31-07-2018 17:32